5 Gedung di Jakarta yang Pernah Jadi Sasaran Teror Bom, Nomor Terakhir Telan Banyak Korban

Rabu, 03 Mei 2023 - 15:24 WIB
Sedikitnya ada lima gedung di Jakarta yang pernah jadi sasaran teror bom. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Sedikitnya ada lima gedung di Jakarta yang pernah jadi sasaran teror bom . Kebanyakan dari kasus tersebut disinyalir berasal dari gerakan terorisme.

Peristiwa teror bom di Indonesia memang telah sukses timbulkan ketakutan di tengah masyarakat. Apalagi dilakukan di Jakarta sebagai kota metropolitan dan menyandang status Ibu Kota.

Kebanyakan pelaku yang melancarkan aksi pengeboman ini memilih beberapa gedung besar di Jakarta untuk melancarkan aksinya. Akibatnya telah banyak nyawa melayang atas aksi terorisme ini.



5 Gedung di Jakarta yang Pernah Jadi Sasaran Teror Bom

Berikut gedung di Jakarta yang pernah jadi sasaran teror bom. Mulai dari kantor Bursa Efek Indonesia hingga yang terbesar terjadi di Hotel JW Marriot.



1. Kantor Bursa Efek Indonesia

Pada tanggal 14 September 2000, terjadi sebuah ledakan di ruang bawah tanah Bursa Efek Jakarta. Tercatat, 10 orang tewas, puluhan orang lainnya luka-luka, dan ratusan mobil rusak berat dalam peristiwa ini.

2. Plaza Atrium

Peristiwa teror bom ini terjadi di Plaza Atrium, Senen, Jakarta, pada 1 Agustus 2001 silam. Ledakan dari bom ini memang tidak menelan korban jiwa, namun menyebabkan sedikitnya 6 orang luka-luka.

Edi Setyono alias Abbas dan Taufik bin Abdul Halim yang menjadi dalang dibalik kasus pengeboman ini divonis hukuman mati, namun vonis yang menjerat Abbs kemudian diturunkan menjadi hukuman seumur hidup.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More