10 Pura di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Umat Hindu untuk Beribadah

Selasa, 21 Maret 2023 - 14:16 WIB
Terdapat cukup banyak Pura terkenal di Jakarta yang bisa dikunjungi umat Hindu untuk beribadah. Salah satunya Pura Aditya Jaya. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat cukup banyak Pura terkenal di Jakarta yang bisa dikunjungi umat Hindu untuk beribadah. Biasanya, dalam perayaan hari raya nyepi Pura selalu ramai dikunjungi.

Tak hanya di Bali atau daerah lain yang memiliki banyak penganut agama Hindu, Jakarta juga memiliki banyak Pura. Salah satunya adalah Pura Aditya Jaya yang memiliki sejarah panjang dalam pendiriannya.

Deretan Pura di Jakarta

Berikut sejumlah Pura yang berlokasi di Jakarta.

1. Pura Aditya Jaya

Pura Aditya Jaya berlokasi di Jalan Daksinapati Raya, Rawamangun, Jakarta Timur. Dalam riwayatnya, tempat ini menjadi salah satu Pura tertua yang berada di Jakarta.

Keberadaan Pura Aditya Jaya memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan umat Hindu Jakarta untuk mendapatkan tempat persembahyangan sejak 1955. Pada akhirnya, keinginan tersebut baru direspons pemerintah pada 1960-an.



Sempat terkendala, akhirnya Peletakan batu pertama pembangunan Pura Aditya Jaya dilakukan pada 1972 oleh Drs. Moh. Hadi. Setelahnya, pembangunan fisik dimulai dengan membuat Padmasana.

Lokasi : Jl. Daksinapati Raya No.10, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

2. Pura Mustika Dharma

Berikutnya ada Pura Mustika Dharma. Mengutip laman Dinas Kebudayaan Jakarta, Pura ini dibangun untuk tempat ibadah umat Hindu di Cijantung, Jakarta.

Saat itu, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Pusro AD. Hal ini dilakukan karena letaknya yang dekat dengan kompleks Angkatan Bersenjata. Meski memiliki taraf nasional, namun bentuk bangunannya tetap menggunakan model tradisional.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More