Jelang Nyepi, Umat Hindu Bekasi Gelar Tawur Kesanga di Pura Agung Tirta Buana

Rabu, 02 Maret 2022 - 14:05 WIB
loading...
Jelang Nyepi, Umat Hindu Bekasi Gelar Tawur Kesanga di Pura Agung Tirta Buana
Umat Hindu di Kota Bekasi menggelar Tawur Kesanga di Pura Agung Tirta Buana Bekasi. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944, umat Hindu di Kota Bekasi menggelar upacara keagamaan Tawur Kesanga di Pura Agung Tirta Buana pada Rabu (2/3/2022). Ritual keagamaan tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pantauan SINDOnews di lokasi, ritual keagamaan sendiri dimulai sekira pukul 10.00 WIB. Umat Hindu terlihat sangat khusyuk menjalankan rangkaian ibadah dimulai dari persembahyangan sampai dengan penglukatan dengan air suci.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan mengadu dua ogoh-ogoh yang disiapkan dengan pemaknaan mengeluarkan energi negatif dari diri manusia. Acara kemudian ditutup dengan sambutan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Bekasi, I Gusti Made Rudhita.

Jelang Nyepi, Umat Hindu Bekasi Gelar Tawur Kesanga di Pura Agung Tirta Buana


Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Bekasi, I Gusti Made Rudhita mengatakan ritual Tawur Kesanga dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan hidup manusia. Menurutnya, ibadah kali ini untuk membayar hutang manusia.

”Karena selama ini umat manusia selalu dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, selalu mengambil dari sumber alam kita yang ada di dunia ini,” kata Rudhita, Rabu (2/3/2022).

“Supaya terjaga harmonis antara hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana,” sambung dia.

Ibadah tersebut, lanjut dia, juga dimaksudkan memberikan Bhuta Kala suguhan sehingga ibadah Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu keesokan harinya dapat terlaksana dengan baik.Sehingga esok dapat melaksanakan Catur Braya penyepian dengan aman, nyaman dan damai.

Ketua Banjar Bekasi, Gede Darmayusa menjelaskan bahwa ritual keagamaan ini juga dimaksudkan untuk membersihkan alam semesta dari energi kotor. Ibadah tersebut juga untuk mengatur ulang energi-energi buruk yang dilakukan manusia selamat setahun ke belakang.

“Kita umat Hindu pengen lingkungan di Kota Bekasi maupun di Jabodetabek bersih, dan ini buat semua umat bukan hanya umat Hindu saja. Kami berharap mudah-mudahan ini adalah akhir dari pandemi Covid-19,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)