Prostitusi Artis Dinilai Ancam Masa Depan Anak

Minggu, 10 Mei 2015 - 18:41 WIB
Prostitusi Artis Dinilai Ancam Masa Depan Anak
Prostitusi Artis Dinilai Ancam Masa Depan Anak
A A A
JAKARTA - Praktik prostitusi online dikalangan model dan artis dinilai mengancam masa depan anak. Pasalnya, artis adalah publik figur yang kerap ditiru perilakunya oleh anak-anak.

"Kami sangat sesalkan adanya praktik prostitusi dikalangan artis. Ini berdampak buruk bagi anak-anak," kata Komisioner Komisi Pendidikan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Susanto saat dihubungi Sindonews, Minggu (10/5/2015).

Maka itu, kata Susanto, diperlukan formula wajib dimiliki orangtua untuk mencegah anak-anaknya agar tidak terjerumus ke lubang kemaksiatan itu.

"Pertama, pastikan anak memahami mana figur publik yang layak dicontoh dan tidak. Karena di era serba teknologi, figur yang muncul di media seringkali menjadi figur panutan. Padahal, tak semua figur yang muncul di media publik pantas dijadikan tauladan," tuturnya.

Kedua, orang tua harus memastikan atau mengajarkan anaknya memiliki kemampuan evaluatif. seperti mengevaluasi perkembangan teknologi dan informasi agar terhindar dari dunia prostitusi.

"Terakhir, kembangkan pola asuh dialogis, hindari pola asuh protektif dan permisif. Ajak anak bicara, ajak anak sharing terhadap suatu hal. Ajak anak mengemukakan perasaan dan pengalamannya, ajak anak belajar mengevaluasi, ajak anak sharing masa depan, ajak anak berbagi pandangan. Pola dialogis seperti ini akan mematangkan anak," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)