Headway Cepat Timbulkan Kemacetan di Perlintasan Kereta

Kamis, 26 Maret 2015 - 00:36 WIB
Headway Cepat Timbulkan Kemacetan di Perlintasan Kereta
Headway Cepat Timbulkan Kemacetan di Perlintasan Kereta
A A A
JAKARTA - Adanya penambahan jadwal perjalanan Commuter Line membuat headway atau kemajuan keberangkatan menjadi lebih cepat dengan estimasi tunggu dua hingga lima menit. Namun, headway tersebut berpotensi menimbulkan kemacetan di setiap perlintasan kereta.

"Enggak bisa dipungkiri, kami sebagai pengguna Commuter Line memang nyaman dengan headway yang lebih cepat. Tapi ini akan berimbas pada kemacetan juga. Khususnya kemacetan jalanan yang dekat dengan pintu perlintasan yang biasa dilalui roda empat dan dua," tutur penumpang Commuter Line, Eko kepada Sindonews, Rabu 25 Maret 2015.

Dia mencontohkan, seperti di Jalan Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan. Di jalan tersebut terdapat tiga pintu perlintasan kereta api.

Ketiga pintu perlintasan itu berlokasi di simpang Jalan Sultan Agung dengan Jalan Surabaya, Jalan Sultan Agung dengan Jalan Teuku Cik Ditro, dan Jalan Sultan Agung dengan Jalan Madiun. Ketiga jalan itu tampak macet dan semrawut karena kendaran marak yang melintasinya.

"Saya jarang naik motor, kalau ke pepet saja. Males macetnya itu. Kaya di Jembatan Pasar Rumput, Jembatan Guntur, dan Jembatan Halimun. Tiap berangkat kantor, di situ pasti macet parah. Balik kantor apalagi parahnya," tuturnya.

Direktur Utama (Dirut) PT KCJ Muhammad Nurul Fadhil mengakui imbas kemacetan itu. Maka itu, kata dia, pihaknya pun akan membicarakan hal tersebut dengan pihak pemerintah untuk mengantisipasinya.

"Kami akan rembukan dahulu tentunya. Headway cepat ini tentu akan memiliki imbas. Itu memang satu hal yang tidak dapat dihindari. Kebayang kan akan seperti apa jalanan di pintu perlintasan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6373 seconds (0.1#10.140)
pixels