Pengamat: Ada Kekuatan Hitam Dibalik APBD DKI

Selasa, 17 Maret 2015 - 02:14 WIB
Pengamat: Ada Kekuatan...
Pengamat: Ada Kekuatan Hitam Dibalik APBD DKI
A A A
JAKARTA - Pengamat politik menilai ada kekuatan hitam yang setiap tahun bermain dalam RAPBD DKI Jakarta. Untuk itu, Ahok diminta jangan takut membeberkan oknum dewan dan pejabat di Pemprov DKI yang melakukan kongkalingkong.

"Saya pikir perlu membeberkan oknum DPRD, tapi anak buah sendiri yang bermain jangan lupa dihukum. Pecat saja sekalian," kata M Budiyatna pengamat politik dari UI saat dihubungi Sindonews, Senin (16/3/2015).

Senada dengan Budiyatna, Zaki Mubarak pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah menambahkan, adanya kongkalikong dalam penyusunan APBD antara legislatif dan eksekutif sudah menjadi rahasia umum.

Di DKI Jakarta dengan APBD lebih dari Rp70 triliun, semua kekuatan hitam berkepentingan, dari oknum parpol, pengusaha, eksekutif berlomba untuk dapat kavling di situ.

"Hal itu didasari karena sistem kepolitikan kita masih bermental broker dan cari untung. Saya harap pak Ahok, selain menggebrak oknum DPRD yang menyelipkan proyek, juga harus menyikat habis anak buahnya sendiri di Pemda DKI," jelasnya keika dihubungi Sindonews.

Tindakan saling melaporkan ini, lanjut Zaki, bagus untuk DKI ke depan. Warga Jakarta akan senang bila oknum-oknum itu di proses secara hukum.

"Jadi kami dukung langkah Ahok dan DPRD bila mereka berkomitmen membersihkan DKI dari proyek-proyek siluman, siapapun pelakunya," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7078 seconds (0.1#10.140)