Cegah Banjir, Bekasi Bangun Kolam Retensi Koja

Selasa, 10 Februari 2015 - 00:31 WIB
Cegah Banjir, Bekasi Bangun Kolam Retensi Koja
Cegah Banjir, Bekasi Bangun Kolam Retensi Koja
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan membangun kolam retensi Koja yang berada di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bogor. Pembangunan kolam retensi ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi 2015.

"Kolam retensi atau bendungan ini akan kami bangun dalam waktu dekat ini, untuk mengantisipasi banjir di wilayah Selatan Bekasi," tutur Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi Tri Adhianto kepada SINDO, Senin 9 Februari 2015.

Menurutnya, bendungan ini dibangun di lahan seluas tiga hektare dengan kedalaman empat meter. Kolam retensi tersebut berfungsi untuk menampung luapan Sungai Cikeas agar tak menambah beban Kali Bekasi.

Kali Bekasi sendiri merupakan pertemuan dari Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi. Jika ketinggian Sungai Cikeas mencapai 200 sentimeter, dan Sungai Cileungsi mencapai 300 sentimeter, maka permukiman warga akan kebanjiran.

Pembangunan kolam retensi berupa konservasi dan harus dituntaskan pada tahun ini. Lahan yang akan digunakan untuk kolam retensi ini milik Perum Jasa Tirta di bagian hulu Kali Bekasi yang tidak difungsikan.

"Untuk itu, kami tata kembali dan kelola sebagai bendungan dan proses pemanfaatan lahannya tidak akan sulit karena berada di Bogor dan wilayah Kota Bekasi," terangnya.

Apalagi, lanjut dia, bila terjadi peningkatan debit, airnya akan parkir terlebih dahulu di kolam retensi itu sebelum dilepas ke aliran Kali Bekasi dan tidak membanjiri wilayah permukiman di selatan Bekasi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6653 seconds (0.1#10.140)