Misteri Bunker di Stasiun Tanjung Priok Tertutup Rapat (Bagian-3/Habis)

Sabtu, 07 Februari 2015 - 06:04 WIB
Misteri Bunker di Stasiun Tanjung Priok Tertutup Rapat (Bagian-3/Habis)
Misteri Bunker di Stasiun Tanjung Priok Tertutup Rapat (Bagian-3/Habis)
A A A
JAKARTA - Setelah sempat tertunda beberapa tahun, PT KAI berencana akan kembali melakukan eksplorasi bunker di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namun eksplorasi ini lebih kepada pemanfaatan bunker untuk kegiatan di stasiun.

"Ke depan, kami akan melakukan observasi kembali untuk dapat memanfaatkan ruang-ruang yang ada di dalam bungker itu. Tapi, kami harus ada izinnya dulu. Itu untuk rencana jangka panjang," ujar Kahumas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Bambang Setiyo Prayitno kepada Sindonews di kantornya.

Dia menyatakan, bunker yang ada di stasiun tertua itu diduga di pakai sebagai gudang logistik. Sebab, terdapat satu lift pengangkut barang yang dioperasikan menggunakan tali di salah satu ruangan bunker tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, saat dilakukan eksplorasi pada sekitar tahun 2010. Ditemukan dua buah sendok yang diperkirakan berasak dari abad ke 20. Sendok tersebut diduga milik pengunjung stasiun yang sempat menghuni ruang bawah tanah tersebut.

Saat ditemukan, kedua benda tersebut di bawa oleh pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala, Serang untuk diteliti. Namun hingga kini, pihak PT KAI mengaku masih belum mendapatkan data rincian penemuan benda-benda saat dilakukannya eksplorasi tersebut.

"Kami belum menerima datanya soal penemuan di bunker itu. Jadi, saya juga tidak berani membenarkannya," ujar Bambang.

Bahkan, tambah Bambang, sampai saat ini, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti kalau bunker yang ada di Stasiun Tanjung Priok itu menembus sampai ke Pelabuhan dan Stasiun Kota Jakarta (Beos).

"Kalau soal isu bunker ini punya terowongan yang tembus sampai ke Pelabuhan dan Kota. Kami juga masih belum dapat memastikannya," jelasnya.

Isu akan adanya terowongan di dalam bunker stasiun tertua itu muncul lantaran keberadaan bunker yang misterius itu tidak banyak diketahui orang banyak.

Bahkan, data akan keberadaan bunker pun sampai saat ini masih sangat sulit untuk ditemukan. Saat di bangun, bunker pun tidak termasuk dalam maket pembangunan stasiun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6808 seconds (0.1#10.140)