Jakarta Musim Hujan, Ini Tips Aman untuk Biker

Selasa, 27 Januari 2015 - 23:46 WIB
Jakarta Musim Hujan, Ini Tips Aman untuk Biker
Jakarta Musim Hujan, Ini Tips Aman untuk Biker
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG) memperkirakan pekan ini hingga awal Februari mendatang merupakan puncak musim hujan di Jakarta.

Masyarakat diminta waspada akan bencana banjir dan juga bahaya kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak. Pengendara motor memiliki resiko tinggi mengalami kecelakaan lalu lintas saat musim hujan.

Pemerhati keselamatan berkendara sepeda motor Wulung Damardoto tips aman berkendara di musim hujan. Menurut Wulung, saat musim hujan tiba, pengendara wajib membawa jas hujan. "Jangan pakai model jas hujan ponco. Sudah banyak korban juga tewas karena jas ponco," kata Wulung yang akrab disapa Ungki saat dihubungi Sindonews, Selasa (27/1/2015).

Kemudian, kenali kondisi jalan saat tidak ada genangan. Sebisa mungkin hindari genangan air karena dikhawatirkan ada jalan yang berlubang. "Hindari jalan yang dipenuhi kubangan air, soalnya di sana potensi lubang dan kecelakaan bisa terjadi," tambahnya.

Satu hal yang paling penting yakni mengatur kecepatan saat berkendara di musim hujan. Jangan berkendara denngan kecepatan tinggi. "Apabila memang kehujanan, telepon kantor atau alamat tujuan dan beritahu kemungkinan terlambat karena tertunda hujan. Jangan dipaksakan, pasti orang kantor akan paham demi keselamatan," jelasnya.

Terakhir, kata Ungky, mulai proteksi diri dengan asuransi kecelakaan karena namanya musibah tidak ada yang tahu kapan terjadinya."Cari yang pembayaran polis sesuai kantong agar tidak memberatkan kita," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6328 seconds (0.1#10.140)