DKI Tolak Rute Pembangunan PT Jakarta Monorail

Senin, 12 Januari 2015 - 17:23 WIB
DKI Tolak Rute Pembangunan PT Jakarta Monorail
DKI Tolak Rute Pembangunan PT Jakarta Monorail
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera akan menyiapkan surat untuk menolak rute atau hitung-hitungan dari PT Jakarta Monorail (JM) untuk pembangunan monorel di Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai memimpin rapat pimpinan dengan kepala satuan perangkat kerja daerah di Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau misalnya mau ajukan yang lain (rute atau hitung-hitungan yang lain) harus tender jadi bersaing dengan perusahaan yang mau membangun monorel di Jakarta, itu saja inti surat tersebut," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (12/1/2015).

Ahok menjelaskan selama ini PT Jakarta Monorail adalah perusahaan satu-satunya seolah-olah yang berhak membangun Monorel itu.

"Tapi saya harus lebih teliti lagi dan cari celah hukumnya. Jangan sampai karena permainan oknum, saya jadi dipenjara gara-gara menolak orang enggak mau bangun monorel di Jakarta," tukasnya.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, Ahok mengaku tidak bisa setuju dengan hitung-hitungan PT Jakarta Monorail yang diajukan kepada Pemprov DKI Jakarta dan cenderung berubah-ubah.

Pasalnya belum selesainya Perjanjian Kerja Sama (PKS), PT JM berencana akan membangun stasiun dengan empat lantai. Dua lantai teratas digunakan sebagai area komersial dalam business plan mereka.

Ahok menilai, area komersial tersebut tak akan efektif karena berada di atas peron. Apalagi biaya sewa yang akan diajukan cukup mahal.

Ahok juga mengatakan penempatan area komersial yang luasnya 20.000 meter persegi ini tak masuk dalam logika.

"Mana ada orang buru-buru terus sempet naik ke atas buat belanja," ujarnya.Ahok mengaku sudah tak ingin membicarakan monorel ini.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4843 seconds (0.1#10.140)