8.972 Rumah Warga di Tangerang Belum Teraliri Listrik

Jum'at, 12 Desember 2014 - 16:44 WIB
8.972 Rumah Warga di...
8.972 Rumah Warga di Tangerang Belum Teraliri Listrik
A A A
TANGERANG - Sebanyak 8.972 rumah tangga di Tangerang, Banten, belum teraliri listrik. Hal itu diketahui dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang dilakukan Badan Pusat Statistik pada tahun 2012.

"Jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik sebanyak 8.972. Mereka tersebar di 252 desa atau kelurahan di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jarnaji di Pendopo Bupati Tangerang, Jumat (12/12/2014).

Warga yang belum menikmati aliran listrik, kata dia, masih banyaknya masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Tangerang.

"Karenanya kami membuat program desa benderang guna mengatasi keterbatasan masyarakat tersebut. Dengan program yang menargetkan setiap tahun terpasang 1.500 rumah tangga, kami berharap 2018 tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlayani listrik," katanya.

Adapun tujuan bantuan tersebut, menurut Jarnaji, adanya listrik tentunya masyarakat ekonominya akan terdorong. Selain itu, kualitas pendidikan dan kesehatan juga meningkat.

"Karena kalau ada listrik mereka mudah untuk memperoleh informasi dan media elektronik serta media komunikasi. Bahkan keamanan di desa juga terjaga," tuturnya.

Berdasakan data PPLS tersebut, pihaknya mendapati seluruh daerah di tingkat kecamatan terdapat rumah tangga yang belum teraliri listrik. Adapun yang paling terbanyak di Kecamatan Teluknaga dan Mauk.

Di dua kecamatan tersebut terdapat 12 desa yang belum teraliri listrik. Tak hanya itu, di Kecamatan Jayanti meski jumlah desanya lebih kecil dari dua kecamatan tersebut, tetapi jumlah yang belum menikmati terdapat 634 warga.

"Adapun yang telah teraliri ada 2.061 kepala keluarga (KK). Saat ini sedang dalam proses pencairan anggaran untuk pembayaran biaya penyambungan ke pihak PLN," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)