Cerita Turun Temurun Pangeran Wiraguna di Ragunan

Senin, 10 November 2014 - 04:18 WIB
Cerita Turun Temurun Pangeran Wiraguna di Ragunan
Cerita Turun Temurun Pangeran Wiraguna di Ragunan
A A A
WARGA Kelurahan Ragunan, Jaksel hingga kini masih menjaga situs makam Pangeran Wiraguna yang diyakini sebagai cikal bakal berdirinya kawasan Ragunan.

Kendati banyak literatur yang membahas nama Pangeran Wiraguna ini merupakan nama tuan tanah Belanda bernama asli Hendrik Lucaasz Cardeel, namun warga sekitar Ragunan lebih mengenal sosok Pangeran Wiraguna ini merupakan prajurit kerajaan Mataram.

Menurut warga RT 05/03 Kampung Pekayon, Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jaksel, Rokip (56), Pangeran Wiragunan merupakan prajurit keraton Mataram yang dengan gigih berjuang melawan Belanda di Batavia.

Anak mantan kuncen makam Pangerang Wiraguna ini menuturkan, berdasarkan cerita yang didapat dari ayahnya, Wiraguna itu berasal dari kata Wiro dan Guno. (Baca juga: Ragunan Dibalik Kesuksesan Kudeta di Kesultanan Banten)

"Wiro itu artinya pasukan dan Guno keraton. Jadi bisa diartikan Wiroguno itu pasukan keraton," terangnya saat ditemui Sindonews di rumahnya.

Kini, kata Rokip, sebutan untuk Pangeran Wiroguno itu telah disesuaikan dengan lidah orang-orang Indonesia sehingga sekarang dikenal sebagai Pangeran Wiraguna.

Rokip menuturkan, selain memiliki gelar sebagai Pangeran Wiraguna, julukan Embah Kompi pun tersemat pada salah satu tokoh misterius tersebut.

"Dia juga disebut sebagai Embah Kompi. Berdasarkan cerita turun temurun. Julukan itu tersemat karena dia memimpin pasukan sebanyak satu kompi" ucapnya.

Selain menjelaskan tentang asal usul nama Pangeran Wiraguna, Rokip sendiri menjelaskan tentang asal usul nama Ragunan. Menurutnya, Ragunan itu diambil dari nama Pangeran Wiraguna sendiri yang singgah di kawasan Kampung Pekayon.

"Kalo soal ragunan. Ragunan itu diambil dari nama Pangeran Wiraguna sendiri. Dia merupakan salah seorang tokoh pahlawan yang cukup dikenal di kawasan Ragunan khususnya," ujarnya.

Rokip menambahkan, meskipun identitas sosok Pangeran Wiraguna masih menjadi misteri. Bagi dia, sosok Pangeran Wiraguna sendiri diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi kalangan muda.

"Dia itukan salah satu tokoh sejarah bangsa Indonesia. Semoga saja, sosok Pangeran Wiraguna dapat menjadi motivasi bagi anak-anak muda, khususnya untuk mengenal kebudayaan dan kesejarahan Indonesia yang kaya ini. Kalau anak-anak mau mempelajari siapa tokoh Pangeran Wiraguna itu. Saya yakin, akan ada pelajaran yang dapat dipetiknya," tutupnya.

(Habis)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3354 seconds (0.1#10.140)