Hewan Rabies di Jaksel Akan Divaksinasi

Selasa, 02 September 2014 - 20:07 WIB
Hewan Rabies di Jaksel Akan Divaksinasi
Hewan Rabies di Jaksel Akan Divaksinasi
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan mengadakan kegiatan vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR) gratis. Ini adalah rangkaian peringatan Hari Bebas Rabies sedunia yang jatuh pada 28 September mendatang.

"Jadi dalam peringatan Hari Bebas Rabies sedunia, kita serentak DKI mengadakan vaksinasi rabies massal," kata Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan, Yuli Absari di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Yuli menuturkan, Rabu 3 September besok rencananya vaksinasi rabies di Jakarta Selatan (Jaksel) akan diadakan di Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan.

"Kegiatan berupa vaksinasi rabies massal yang dilakukan di satu lokasi selama satu hari gratis. Untuk besok jadwalnya ada di Kelurahan Pesanggrahan," jelasnya.

Sasaran kegiatan, kata dia, adalah hewan pembawa rabies. Maka itu, pemilik hewan tersebut diminta bisa bekerja sama dengan pihaknya.

"Targetnya hewan pembawa rabies seperti anjing, kucing, dan kera. Diharapkan para pemilik bisa bekerja sama dengan membawa hewannya secara sukarela untuk divaksin," ujarnya.

Untuk pelaksanaan, kata dia, nantinya akan ada 14 orang vaksinator yang bertugas di Kelurahan Pesanggrahan. Mereka yang akan mendata dan memeriksa hewan serta memvaksinasi langsung.

"Itu ada dari Unit Reaksi Cepat (URC) yang khusus menangani hewan-hewan pembawa rabies, termasuk dokter hewan," tuturnya.

Kegiatan ini dilakukan bukan hanya sebagai rangkaian peringatan Hari Bebas Rabies sedunia saja. Namun lebih penting, untuk mempertahankan DKI Jakarta dengan kasus 'Nol' rabies berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No : 566/KPts/PD/640/10/2004 tentang pernyataan provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat bebas dari penyakit rabies.

"Kita akan pertahankan ini. Dan minimal besok bisa mendapatkan 30 ekor HPR yang divaksinasi," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4058 seconds (0.1#10.140)