Normalisasi Kali Pesanggrahan Terkendala Pembebasan Lahan

Selasa, 12 Agustus 2014 - 21:52 WIB
Normalisasi Kali Pesanggrahan Terkendala Pembebasan Lahan
Normalisasi Kali Pesanggrahan Terkendala Pembebasan Lahan
A A A
JAKARTA - Proyek normalisasi Kali Pesanggrahan yang melintasi dua wilayah bagian selatan dan barat Jakarta baru sebatas di lahan pengembang.

Anggaran pembebasan lahan milik warga Rp250 Miliar itu pun baru terserap 0,5%.

Koordinator pengawasan pembebasan lahan Kali Pesanggarahan Jakarta Barat, Wawan Mustofa mengatakan, pengerjaan normalisasi Kali Pesanggrahan yang terlihat sepotong-sepotong itu dikarenakan masih banyaknya lahan milik warga dan lahan garapan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang belum dibebaskan.

"Kalau tanah garapan kami tinggalkan dulu lantaran dihuni bangunan liar yang belum ada payung hukum penggusurannya.

Sebab, sejak 2012, bangunan liar di tanah garapan tidak lagi mendapatkan ganti rugi," kata Wawan Mustofa saat dihubungi, Selasa (12/8/2014).

Wawan menjelaskan, dua paket normalisasi Kali Pesanggrahan di selatan dan barat, pada 2014 ini sedikitnya disiapkan Rp250 Miliar untuk membebaskan lahan milik warga.

Namun, penyerapannya sendiri, saat ini belum mencapai satu persen. Sebab, masih banyak warga yang kelengkapan suratnya belum sesuai apa yang diinginkan.

Pada 2015 nanti, lanjut Wawan, anggaran tersebut kembali dianggarkan dengan sistem multiyears. "Pengerjaan sekarang ini diprioritaskan di lahan pengembang yang berkewajiban menyerahkan fasilitas sosial dan umum," ujar Wawan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)