Sejumlah Ruko di Legenda Wisata Diduga Beralih Fungsi

Selasa, 12 Agustus 2014 - 04:50 WIB
Sejumlah Ruko di Legenda Wisata Diduga Beralih Fungsi
Sejumlah Ruko di Legenda Wisata Diduga Beralih Fungsi
A A A
BOGOR - Sejumlah rumah toko (ruko) di Little China, Perumahan Legenda Wisata, Nagrak, Gunung Putri, Kabupaten Bogor diduga beralih fungsi.

Ruko yang seharusnya menjadi tempat perniagaan dan komersil disulap menjadi tempat peribadatan. Ruko yang berubah fungsi tersebut diantaranya di Ruko Little China Blok JA No3, Blok JA No 2 dan di Blok JD No 17 dan 18. Selain itu di Ruko Newton U2 No 35 Perumahan Legenda Wisata.

Humas Estate Manajemen PT Propertindo pengelola Ruko Little China, Perumahan Legenda Wisata, Azhari mengatakan, memang perizinan ruko-ruko tersebut seharusnya dipergunakan bagi usaha komersial maupun perniagaan bukan untuk kegiatan lain.

"Ya karena tidak ada yang komplain makanya tidak kami permasalahkan pak, " kata dia saat dihubungi Sindonews, (11/8/2014).

Sedangkan Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Bahrul Ulum mengatakan, sebelum menyelenggarakan kegiatan harus mendapat izin gangguan dari desa atau kelurahan setempat.

Sementara jika menyangkut kegiatan peribadatan tentunya harus ada rekomendasi dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) serta dari Kantor Kementerian Agama setempat.

Kepala Desa Nagrak, H Agus Sahrudin menjelaskan, ruko-ruko tersebut memang tidak memiliki izin lingkungan atau gangguan (Hinder Ordonantie-HO) yang dikeluarkan oleh kantor Kepala Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

"Setelah saya cek data izin HO mereka ternyata tidak ada dalam arsip desa, " ungkap Sahrudin.

Sementara itu, Yan Pieter Pangaribuan dari perwakilan pengelola di salah satu ruko tersebut menyatakan, tidak ada masalah soal kegiatan yang dilakukan di Ruko Little China.

"Saya heran kenapa baru sekarang dipermasalahkan padahal itu sudah berdiri sepuluh tahun lalu. Ya silahkan tanya ke Jenderal Engkesman karena dia pemilik tempat itu, " katanya saat dihubungi Sindonews melalui ponselnya, Senin (11/8/2014).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6586 seconds (0.1#10.140)
pixels