Pemberlakukan Jadwal Kereta 2014 Semrawut

Senin, 02 Juni 2014 - 21:49 WIB
Pemberlakukan Jadwal Kereta 2014 Semrawut
Pemberlakukan Jadwal Kereta 2014 Semrawut
A A A
JAKARTA - Perubakan jadwal pemberangkatan kereta mengakibatkan penumpukan penumpang di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi. Pasalnya, mereka kecewa kereta tidak diberangkatkan sesuai jadwal.

Akibat aksi tersebut, perjalanan kereta menuju Jakarta sempat tertunda selama satu jam. Penumpang menuntut pihak PT KAI mengembalikan jadwal seperti semula dan menambah kembali rangkaian kereta.

Bahkan, mereka sempat turun ke rel untuk diberlakukan jadwal kereta seperti semula. Sebab, sejak perubahan jadwal, hanya terdapat enam gerbong, sebelumnya delapan gerbong.

Hal serupa juga terjadi pada pengoperasian kereta commuter line. Sebagian pengguna merasa tak nyaman dengan perubahan jadwal ini, umumnya karena keterlambatan kereta yang berimbas pada penumpukan penumpang.

Berdasarkan pantauan di Stasiun Manggarai, Jakarta, terlihat penumpukan penumpang commuter line yang hendak menuju Stasiun Sudirman dan Tanah Abang. Dari pengeras terdengar permintaan maaf lantaran banyaknya antrean kereta yang mau masuk Stasiun Manggarai.

Fauzan, pengguna kereta yang biasa naik commuter line jurusan Bogor-Jatinegara ini melihat hari ini justru jadwal kereta ke Jatinegara membuatnya repot dan semrawut. Dia mengungkapkan, sejumlah penyebab, antara lain headway kereta yang terlalu lama, terutama untuk tujuan Jatinegara antara pukul 04.59 ke 05.16 WIB.

"Jadwalnya terlalu lama," katanya saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (2/6/2014).

Sambungnya, tingkat keterlambatan kereta sekitar 30 menit, sehingga menyebabkan sebagian besar penumpang yang merupakan karyawan terlambat masuk kerja.

Penumpang kereta lainnya, Amriludin mengaku kesal dengan pelayanan petugas keamanan di stasiun. Pasalnya petugas tidak mengetahui perubahan jam keberangkatan kereta pada Gapeka 2014.

"Saya tanya petugas di sana mereka malah enggak tahu, karena jadwal katanya belum dapat," ujarnya kesal.

Keluhan serupa juga disampaikan Daud, pengguna yang biasa menumpang kereta dari Palmerah mengeluhkan jadwal yang baru. Untuk jadwal kereta terakhir pukul 23.35 WIB dari Stasiun Palmerah ditiadakan, sedangkan KRL menuju Serpong dari stasiun Palmerah hanya sampai pukul 22.56 WIB.

Dirinya yang bekerja sebagai awak media di daerah Palmerah sangat bergantung kepada jadawal KRL terakhir seperti sebelumnya 23.35 WIB. "Saya bingung jika kereta terakhir Dimajukan jamnya," ujar.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6221 seconds (0.1#10.140)