Kondisi Jalan Margonda seperti Kuali

Jum'at, 23 Mei 2014 - 14:27 WIB
Kondisi Jalan Margonda seperti Kuali
Kondisi Jalan Margonda seperti Kuali
A A A
DEPOK - Guna mengatasi banjir di Depok perlu ditangani dari hulu ke hilir. Bahkan untuk mengetahui kondisi lapangan, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad meninjau lokasi banjir di Jalan Margonda.

"Karena kali ini posisinya berada di atas jalan. Dan posisi jalan seperti kuali, jadi kita harus benar-benar mengecek dari hulu hingga hilirnya," kata Idris kepada wartawan di Depok, Jumat (23/5/2014).

Berdasarkan pantauan di lokasi, kata Idris, aliran air di drainase-drainase bagus dan itu artinya saluran air sudah berfungsi, karena menjadikan luapan banjir kemarin segera surut. Tapi, pihaknya harus melakukan pengerukan kali yang sudah mendangkal.

"Selain itu dibutuhkan juga kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan agar saluran-saluran yang ada tidak tersendat. Resapan air juga harus dibuat di setiap RT disekitar kali belakang SPBU," tukasnya.

Rencananya, kata Idris, akan ditambah saluran air dengan membuat lubang di bawah taman dan pengeboran agar aliran air semakin banyak dan lancar. "Sekitar tiga lubang akan dibuat dengan lebar 40 cm," katanya.

Banjir juga disebabkan ketidakdisiplinan para pengusaha yang tidak memiliki drill di lokasi usahanya.

"Secepatnya kami akan menegur pengusaha-pengusaha tersebut agar membuat drill, karena itu kewajiban mereka," ucapnya.

Kepada Dinas Bimasda Yulistiani kemudian langsung menerjunkan personelnya untuk melakukan pembongkaran di median Jalan Margonda.

"Pembongkaran dilakukan untuk pembuatan lubang, dan itu akan kami lakukan dibeberapa titik. Semoga solusi ini merupakan cara terbaik agar kejadian banjir seperti kemarin tidak terulang kembali," katanya.

Sekadar diketahui, akibat diguyur hujan empat jam Jalan Margonda, Depok tergenang. Bahkan, akibat genangan itu arus lalu lintas di sekitar jalan itu juga mengalami kesemrawutan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7315 seconds (0.1#10.140)