Tarif Bus Transjakarta Mau Dinaikan jadi Rp5.000

Selasa, 20 Mei 2014 - 21:14 WIB
Tarif Bus Transjakarta Mau Dinaikan jadi Rp5.000
Tarif Bus Transjakarta Mau Dinaikan jadi Rp5.000
A A A
JAKARTA - Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyinergikan seluruh angkutan umum di Jakarta akan berimbas dengan kenaikan tarif bus Transjakarta. Nantinya, tarif bus Transjakarta ini akan disamakan dengan bus Kopaja AC sebesar Rp5.000.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, nantinya tarif seluruh angkutan umum dan TransJakarta akan sama. Misalnya dikenakan tarif Rp5.000, semua transportasi bertrayek tersebut akan dikenakan sama yakni Rp5.000.

Untuk mengawasinya, Ahok menunjuk Kepala Dinas Perhubungan DKI, Muhammad Akbar sebagai komisonernya. Menurutnya, Akbar sangat mengerti tentang transportasi di Jakarta.

"Saya rasa masyarakat tidak keberatan tarif Transjakarta Rp5.000, asal tiap lima menit ada bus dan nyaman. Tapi kalau belum sampai titik itu, enggak boleh. Jumlah bus transportasi umum dan penumpang kan saat ini masih kurang," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Sementara itu, Komisioner PT. Transportasi Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan saat ini pihaknya masih menyusun konsepnya. Sebab untuk menjalankan program satu manajemen itu tidak mudah.

"Sistemnya harus diubah terlebih dahulu. Kan sopir Metro Mini, Kopaja dan sebagainya sistem setoran, kalau kami pakai sistem gaji, kami harus kontrak dulu perusahaannya," jelasnya.

Kendati demikian, Akbar yakin jika program tersebut akan berjalan minimal awal tahun depan dengan satu trayek terlebih dahulu.

"Kalau memang uji coba tersebut berhasil, akan kami lakukan kepada seluruh trayek," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7621 seconds (0.1#10.140)