Normalisasi Kali Sunter korbankan ratusan makam

Jum'at, 16 Mei 2014 - 14:11 WIB
Normalisasi Kali Sunter korbankan ratusan makam
Normalisasi Kali Sunter korbankan ratusan makam
A A A
Sindonews.com - Tidak hanya rumah warga, ratusan makam di bantaran kali Sunter ikut terkena proyek normalisasi. Tercatat, ada sekira 200 makam yang dibongkar untuk memperlebar kali tersebut.

Ratusan makam yang dibongkar berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Bayur RT 09/RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur.

Saroji, Pengelola TPU Kampung Bayur mengatakan, dari total luas TPU yang hampir mencapai satu hektare, lahan seluas sekira 3.000 meter persegi terdampak normalisasi Kali Sunter.

"Lahan tersebut berada kurang dari 15 meter dari bibir Kali Sunter. Ada 200 makam yang berada di area terdampak yang harus direlokasi," kata Saroji saat ditemui di TPU Kampung Bayur, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (16/5/2014).

Dikatakan Saroji, ratusan makam yang terdampak normalisasi direlokasi ke lahan yang lebih jauh dari bibir sungai.

Relokasi ratusan makam ini dilakukan selama 10 hari sejak Rabu 14 Mei lalu. Untuk tetap memenuhi kebutuhan lokasi pemakaman warga, Saroji telah mengusulkan kepada dinas terkait untuk menambah lahan TPU.

"Saya sudah usul ada 700 sampai 800 meter persegi sebagai lahan tambahan. Karena masyarakat membutuhkan tempat pemakaman," ujarnya.

Sementara itu, ahli waris tidak mempersoalkan adanya relokasi makam keluarga mereka. Dias (22), salah seorang ahli waris menyadari, relokasi makam ini dibutuhkan untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi di Cipinang Melayu.

"Kami menerima karena dibutuhkan untuk proses pelebaran kali karena di sini memang sering banjir," kata Diaz.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)