May Day, pesan buruh untuk Capres 2014

Kamis, 01 Mei 2014 - 03:29 WIB
May Day, pesan buruh untuk Capres 2014
May Day, pesan buruh untuk Capres 2014
A A A
Sindonews.com - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok akan bergabung dengan buruh di Jakarta pada May Day, pagi nanti. Mereka akan berorasi di Bundaran HI dan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sekretaris FSPMI Wido Pratikno mengatakan, isu kesehatan, tolak upah murah, hingga penghapusan sistem kerja kontrak (outsourcing) masih menjadi isu utama. Apalagi tuntutan buruh ini akan menjadi pesan utama bagi calon presiden menjelang pemilihan presiden (pilpres).

"Menjelang pilpres titipan atau pesan buruh kami inginkan presiden yang tolak upah murah, kami buruh metal mudah-mudahan kompak satu nama jika ada capres demikian," tegasnya kepada wartawan, Rabu 30 April 2014 malam.

Wido menambahkan, isu yang akan diusung pada May Day kali ini yakni menuntut kenaikan upah 30 persen pada 2015. Selain itu, adanya sistem yang lebih rapi dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Selain itu kami juga menuntut jaminan pensiun bagi pekerja formal, serta menghapus outsourcing," tandasnya.

Hanya ada 5 jenis pekerjaan yang boleh dilakukan dengan sistem outsourcing. Lima pekerjaan itu di antaranya petugas kebersihan, pertambangan lepas atau borongan, jasa keamanan, transportasi dan jasa katering.

Di luar itu, buruh harus berstatus sebagai karyawan langsung di perusahaan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7272 seconds (0.1#10.140)