Normalisasi situ, Depok ajukan Rp451 M

Senin, 27 Januari 2014 - 18:36 WIB
Normalisasi situ, Depok...
Normalisasi situ, Depok ajukan Rp451 M
A A A
Sindonews.com - Saat ini ada 26 situ di Depok yang akan dinormalisasi. Untuk rencana tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajukan anggaran Rp451 miliar ke Kementerian Pekerjaan Umum.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menegaskan bahwa fokus normalisasi situ tersebut bisa meningkatkan daya kapasitas tampungan air sebelum sampai mengalir ke Jakarta. Sehingga kedalaman situ yang semula hanya tiga meter, nanti bisa menjadi 6-7 meter.

"Saya ajukan untuk pengerukan hingga 6-7 meter untuk menambah kapasitas daya tampung air, kami butuh Rp451 miliar," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail usai mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri PU Joko Kirmanto dan sejumlah kepala daerah, Senin (27/1/2014).

Ia menegaskan, normalisasi situ lebih efisien jika dibanding membuat waduk. Belum lagi ada beberapa hal yang harus dikerjakan sebelum membangun waduk.

"Lebih baik normalisasi situ yang sudah ada, kalau bangun waduk butuh sosialisasi dan pembebasan lahan," tegasnya di Kementerian PU, Jakarta.

Nur Mahmudi menambahkan bahwa pertemuan hari ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antar kepala daerah di Katulampa, Bogor pekan lalu.

"Tinggal besaran dananya saja berapa yang disepakati. Kalau sementara dalam sertifikasi situ kan pada tahun 1990, kita bersama - sama lakukan seperti itu," tegasnya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyetujui bahwa masa normalisasi situ memang wewenang pemerintah pusat.

"Karena situ ini butuh kerja bareng-bareng, MoU gelontorkan anggaran bekerjasama antara pemerintah daerah bersama-sama menormalisasi situ," tutupnya.

Baca juga: Ini yang dibahas Jokowi-Aher di Bendung Katulampa
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)