Mau menanjak, roda bus Transjakarta terlepas

Kamis, 26 Desember 2013 - 09:57 WIB
Mau menanjak, roda bus Transjakarta terlepas
Mau menanjak, roda bus Transjakarta terlepas
A A A
Sindonews.com - Roda belakang bus Transjakarta koridor IV Pulogadung-Dukuh Atas tiba-tiba saja terlepas ketika sedang menajak di fly over Pramuka, Matraman, Jakarta Timur. Beruntung, pramudi masih bisa mengendalikan bus tersebut sehingga tidak ada korban dalam kejadian ini.

Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 07.00 WIB, Kamis (26/12/2013). Saat bus Transjakarta bernopol B 7499 IX melaju dengan kecepatan 45 KM/jam tiba-tiba kedua bannya di bagian kiri belakang terlepas.

Saat kejadian bus berpenumpang sekitar 45 orang ini diketahui melaju dari arah Pulogadung menuju Dukuh Atas. Namun, saat akan menanjak di Flyover Matraman, bus dengan nomor bodi JT 039 mendadak lepas kedua bannya di bagian kiri belakang.

Bus berwarna abu-abu ini terus berjalan walau ban belakangnya sudah terlepas. As roda sempat menggores aspal jalan sepanjang sekitar 15-20 meter.

Nunung (45), pramudi bus Transjakarta menduga, kedua ban bus yang tengah dikemudikannya itu lepas lantaran baut velg kendur. Sehingga saat mobil menanjak, kedua bannya lepas.

"Saya juga kaget, tahu-tahu roda belakangnya lepas. Penumpang panik semua. Tapi tidak ada yang terluka. Karena saya langsung menginjak rem agar mobil tak terus berjalan," ujar Nunung di lokasi.

Seluruh penumpang pun dialihkan ke bus lainnya untuk diantarkan ke tempat tujuan. Kejadian ini tidak sempat memacetkan lalulintas, karena kondisi jalan cukup lengang.

Nunung mengaku tidak tahu kalau baut di roda bus itu kendur. Sebab, yang bertugas mengecek onderdil kendaraan itu adalah bagian mekanik saat bus masih dalam pool.

"Bukan tugas saya untuk mengecek bagian baut yang kendur, mesin dan sebagainya. Itu tugas mekanik di pool," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8427 seconds (0.1#10.140)