Kritis, ratusan anggota Kodim nyemplung ke danau UI

Jum'at, 06 Desember 2013 - 09:59 WIB
Kritis, ratusan anggota Kodim nyemplung ke danau UI
Kritis, ratusan anggota Kodim nyemplung ke danau UI
A A A
Sindonews.com - Prihatin dengan kondisi Danau Puspa di lingkungan Universitas Indonesia (UI) yang sudah kritis, Kodim 0508 Depok lakukan aksi bersih-bersih di danau seluas satu hektare itu. Setidaknya 500 personel ikut terjun dalam aksi bersih-bersih ini.

Dari enam danau yang ada di lingkungan UI, Danau Puspa adalah danau yang paling kritis kondisinya. Setiap hari tiga meter kubik sampah menumpuk di danau yang terletak dekat Fakultas Ekonimi (FE) UI ini.

"Kita prihatin dengan kondisi Danau Puspa yang sudah masuk dalam taraf kritis. Maka kita ingin membersihkan danau yang seharusnya berfungsi sebagai kawasan resapan," kata Dandim 0508 Depok Letkol Inf Mochamad Zamroni, Jumat (6/12/2013).

Aksi ini sebagai bentuk kepedulian TNI dalam melestarikan lingkungan. Selain itu, sebagai rangkaian peringatan HUT Kodam Jaya ke-64 serta Hari Juang Kartika yang jatuh pada 15 Desember.

"Kita bekerjasama dengan mahasiswa, organisasi masyarakat. Selain membersihkan sampah kita ingin menularkan sikap positif agar mereka mau peduli terhadap lingkungan," tukasnya.

Kegiatan bersih-bersih danau yang dilakukan Kodim 0508 Depok ini adalah yang terbesar di jajaran Kodam Jaya. Pihaknya berupaya untuk meringankan beban Jakarta karena bagaimanapun Depok terkait dengan Jakarta.

"Salah satu upaya untuk meringankan beban Jakarta tentunya. Dan kita ingin lingkungan kampus ini menjadi bersih," tukas Dandim.

Staf Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) UI Nur Rahman menuturkan, setiap hari sampah yang menumpuk lebih dari danau meter kubik di Danau Puspa. Mayoritas didominasi sampah plastik dan rumah tangga.
"Sampah dari Pasar Kemiri juga masuk ke sini. Lihat saja jenisnya banyak sampah plastik bekas dari pasar," katanya.

Danau Puspa kini mengalami pendangkalan hingga tiga meter. Sebelumnya danau ini mencapai kedalaman empat meter dan kini hanya tersisa satu meter.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)