Proyek sodetan Kali Pesanggrahan akan dimulai 2014

Senin, 04 November 2013 - 12:19 WIB
Proyek sodetan Kali Pesanggrahan akan dimulai 2014
Proyek sodetan Kali Pesanggrahan akan dimulai 2014
A A A
Sindonews.com - Pembangunan sodetan di Kali Pesanggrahan, tepatnya di belakang ITC Cipulir, Jakarta Selatan rencananya akan dimulai 2014 atau tahun depan. Dengan demikian, aliran sungai yang sebelumnya memutar dan berkelok akan diubah menjadi lurus.

Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor mengatakan, proses pembangunan sodetan masih dalam proses pengujian berkas dan administrasi. Namun, proyek ini dipastikan akan segera dimulai karena efisien mengurangi banjir dan genangan air.

"Di lokasi itu, bentuk aliran sungai banyak tekukan sehingga menyebabkan aliran lambat mengalir," katanya di Jakarta, Senin (4/11/2013).

Ia menjelaskan, alasan diusulkannya pembangunan sodetan di belakang ITC Cipulir, karena aliran sungai di lokasi itu berbentuk huruf 'U' dan memungkinkan ditarik garis lurus. Bila proyek ini dikerjakan, dampak banjir dan genangan di wilayah Ulujami bisa diminimalisir.

"Keuntungan lainnya yakni lahan seluas 2,5 hektar yang terdapat di bagian tengah Sungai Pesanggrahan bisa sebagai lokasi pembangunan rusun," jelasnya.

Syamsudin menerangkan, berdasarkan trase tata tuang, pembangunan sodetan di lokasi tersebut telah disetujui. Kini tahapan selanjutnya tinggal mengundang tokoh masyarakat, Ketua RT/RW dan LMK setempat terkait proyek ini. "Kalau warga setuju, realisasinya akan dilakukan tahun depan," bebernya.

Ia menambahkan, nantinya rusun yang akan dibangun di tengah Sungai Pesanggrahan itu disiapkan bagi warga Ulujami. Terhitung, di wilayah itu, ada 133 Kepala Keluarga (KK) yang menempati hunian tidak layak.

"Rusun masih dikaji, luas, bentuk bangunan dan kapasitasnya. Karena kita masih konsentrasi pada pembebasan lahan. Tapi kalau terealisasi, warga kurang mampu bisa ditampung di sana," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5508 seconds (0.1#10.140)