Pasar Seni Jakarta siap digelar

Sabtu, 02 November 2013 - 20:49 WIB
Pasar Seni Jakarta siap digelar
Pasar Seni Jakarta siap digelar
A A A
Sindonews.com - Masyarakat ibu kota akan kembali dihibur dengan rangkaian karya seni yang akan diasakan di Parkir Timur Senayan, Mingg 3 Novemmber 2013.

Menggandeng 48 seniman besar perhelatan ini akan menjadi festival kesenian yang menarik. Di acara ini akan ditampilkan karya seni kontemporer, terdiri dari seni rupa, seni pertunjukan, seni lukis dan lainnya.

Tidak seperti pameran seni pada umumnya yang terkesan formal dan kaku, Pasar Seni Jakarta akan lebih mengutamakan interaksi antara pengunjung dengan para seniman melalui workshop, demo melukis, demo pembuatan karya, konser musik, dan masih banyak lagi.

"Kita memang ingin membuatnya sedekat mungkin dengan masyarakat, agar mereka lebih mengenal, minimal mengetahui tentang seni yang beragam," ujar Cosmas Tri Susantho, Ketua Panitia Pasar Seni Jakarta kepada wartawan, Sabtu (2/11/2013).

Dalam Pasar Seni Jakarta yang mengusung tema "Big Kampoeng" ini, akan ditampilkan puluhan karya dari seniman senior hingga muda. Yang menarik lagi, karya-karya tersebut ternyata banyak mengangkat isu sosial dan politik.

"Karya-karya yang sudah terdaftar banyak sekali yang mengangkat isu sosial dan politik. Seperti karya dari AD Pirous dan seorang pelukis muda yang mengangkat isu tentang Islam di Indonesia, seperti fenomena jilbab. Kemudian, ada juga karya lama dari Heri Dono yang mengkritik militerisme pada masa Orde Baru yang cukup subversif," ujar Aminudin TH Siregar, Kurator Pasar Seni Jakarta.

Aminudin melanjutkan, selain seni lukis, seni pertunjukan juga banyak menampilkan kritik sosial. Antara lain seperti Tisna Sanjaya, yang akan menyapu jalanan dari Parkir Timur Senayan ke Gedung DPR, pada hari pertama nanti.

"Dia ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu, tentunya dia ingin mengkritisi 'kekotoran' yang ada di DPR," imbuhnya.

Pasar Seni Jakarta ini sendiri akan diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, pada sepanjang 3-5 November mendatang. Acara ini hanya dipungut satu kali biaya masuk sebesar Rp15.000.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)