Ratusan Bus Transjakarta tak layak jalan

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 07:32 WIB
Ratusan Bus Transjakarta tak layak jalan
Ratusan Bus Transjakarta tak layak jalan
A A A
Sindonews.com - Pantas saja pengguna Bus Transjakarta harus menunggu lama untuk naik angkutan ini, penyebabnya banyak armada yang sudah tidak layak jalan. Setelah dilakukan peremajaan diharapkan operasional Transjakarta tidak kembali normal.

Data Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta mencatat, dari 579 armada yang dimilikinya, 126 unit diantaranya dinyatakan tidak layak jalan. Penyebabnya, bus tersebut sudah berusia tua sehingga tidak bisa dioperasionalkan.

Kepala BLU Transjakarta, Pargaulan Butar Butar mengutarakan, 126 unit armada bus Transjakarta yang tidak layak beroperasi berada di koridor II dan III.

"Untuk armada di koridor II dan III harusnya sudah diremajakan semua," jelasnya ketika ditemui Sindonews di kantornya, Kamis (10/10/2013).

Transjakarta juga harus bisa menyiasati karena di koridor IV juga banyak armada Transjakarta yang pada tahun depan akan habis masa kontraknya karena telah enam tahun beroperasi. Idealnya, masa peremajaan bus Transjakarta dilakukan setiap tujuh tahun sekali.

"Kita mau siap meremajakan, karena peremajaan itu setelah tujuh tahun," terangnya.

Menurut Pargaulan, armada bus yang sudah tua itu nantinya akan diganti baru setelah Pemprov DKI mendatangkan 1.000 unit bus akhir tahun ini.

"Jadi nanti kan mau ada pengadaan busway, armada tua nantinya akan diganti dan dijadwalkan beroperasi pada awal 2015," tuturnya.

Ia menambahkan, di koridor 1 sendiri, terhitung ada 51 armada Transjakarta yang baru. Tahun depan, armada koridor tersebut ditambahkan kembali sebanyak 59 unit.

"Dikoridor 1 sudah ada 51 armada yang baru. Tahun depan ditambah lagi 59 armada. Jadi di koridor 1, totalnya ada 110 unit armada," pungkasnya.

Baca juga: Bus Transjakarta terbakar di Tamini
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)
pixels