130 CCTV akan pantau banjir di Jakarta

Selasa, 08 Oktober 2013 - 13:04 WIB
130 CCTV akan pantau banjir di Jakarta
130 CCTV akan pantau banjir di Jakarta
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 130 Closed Circuit Television (CCTV) dipasang di rumah pompa air dan pintu air guna memantau debit air di Ibu Kota Jakarta. Maka itu, akhir tahun ini pemasangan CCTV itu dapat selesai tepat waktu.

"Mudah-mudahan akhir Desember akan selesai pengerjaannya untuk kira-kira 130-an rumah pompa," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan saat dihubungi wartawan, Senin (7/10/2013).

Manggas juga menerangkan, saat ini pihaknya melakukan proses pemasangan sejumlah titik yang menjadi tujuan pemasangan CCTV.

Pemasangan 130 CCTV tersebut akan memakan anggaran Rp8 sampai Rp10 juta per unit disetiap rumah pompa air dan pintu air. Per unit CCTV juga akan disesuaikan dengan besar kecilnya rumah pompa dan pintu air tersebut.

"Nantinya dilakukan pemasangan empat CCTV dan maksimal delapan CCTV tergantung besar kecilnya rumah pompa," terangnya.

Nantinya cctv ini, kata Manggas, dapat diakses oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sementara anggran pemeliharaannya akan masuk dalam pos pemeliharaan setiap Suku Dinas (Sudin).

"Anggaran masuk dalam pos pemeliharaan sarana dan prasarana di setiap Sudin, pengadaan tidak terpusat. Jadi pusat hanya sebagai supervisi. Dari dinas pakai fiber optik yang digunakan juga wifi atau internet," terangnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5293 seconds (0.1#10.140)