Komnas Perempuan dukung Jokowi tolak usulan Mendagri

Minggu, 29 September 2013 - 06:00 WIB
Komnas Perempuan dukung Jokowi tolak usulan Mendagri
Komnas Perempuan dukung Jokowi tolak usulan Mendagri
A A A
Sindonews.com - Pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, yang menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mempertimbangkan pemindahan Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine, karena sering didemo warga mendapat sorotan banyak pihak.

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) pun angkat bicara atas polemik tersebut.

“Komnas Perempuan mendukung sikap Gubernur DKI Jokowi, menolak permintaan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, untuk memindahkan lurah Lenteng Agung Susan Jasmine dengan alasan agama," ujar Komisioner Komnas Perempuan Andy Yentriyani, dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Sabtu (28/9/2013).

Menurutnya, sikap Jokowi yang menolak saran Mendagri tersebut, menunjukkan kepemimpinannya dalam melaksanakan mandat konstitusi, khususnya untuk merawat kebhinnekaan Indonesia dan hak persamaan di depan hukum dan pemerintahan.

Lebih lanjut dia menyarankan agar kepemimpinan seperti Jokowi dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang tegas demikian mestinya menjadi sikap setiap aparat pemerintahan.

"Bukan sebaliknya turut menjadi pelaku tindak intoleransi, dengan bersembunyi di balik alasan keinginan mayoritas dan karakteristik lokal," imbuhnya.

Dia menambahkan, kepemimpinan yang menunjukkan kualitas negarawan ini merupakan kebutuhan masyarakat hari ini, dan akan menentukan nasib Indonesia di masa depan.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyarankan agar Jokowi mempertimbangkan pemindahan Susan Jasmine. Pasalnya, Lurah perempuan itu terus menerus di demo oleh sekelompok warganya.

Menurut Gamawan, dalam menempatkan pejabat Jokowi harus memperhatikan kultur dan aspirasi masyarakat.

Klik di sini untuk berita Jokowi keukeuh pertahankan Susan di Lenteng Agung.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4822 seconds (0.1#10.140)