Pencuri di Museum Gajah gunakan kunci duplikat

Rabu, 18 September 2013 - 17:12 WIB
Pencuri di Museum Gajah gunakan kunci duplikat
Pencuri di Museum Gajah gunakan kunci duplikat
A A A
Sindonews.com - Kepolisian menemukan bukti baru dalam kasus pencurian benda purbakala di Museum Gajah, Jakarta Pusat. Fakta tersebut didapat saat petugas melakukan rekonstruksi hilangnya koleksi peninggalan kerajaan Mataram kuno tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya KombesPol Rikwanto mengatakan, hasil tersebut didapatkan dari rekonstruksi di lokasi kejadian. Dalam rekonstruksi tersebut, ada kejanggalan yang memperkuat dugaan pencurian dilakukan oleh orang dalam museum.

"Sudah dilakukan rekonstruksi. Didapatkan kejanggalan karena kunci lemari artefak kalau memang itu dibongkar paksa, pasti rusak atau ada bagian lemari yang pecah," kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/8/2013).

Rikwanto juga mengatakan, dari 45 orang saksi yang telah diperiksa, kuat dugaan pencurian itu dilakukan dengan menggunakan kunci duplikat. Hal itu yang membuat pencurian itu baru disadari beberapa hari setelah kejadian.

"Kesimpulannya itu bisa tidak dikunci atau juga menggunakan kunci duplikat. Saat ini kita masih menyelidiki waktu dan bagaimana serah terimanya kunci," paparnya.

Karena itu, saat ini penyidik tengah intens melakukan pemeriksaan terhadap saksi saksi yang semuanya mempunyai peluang untuk menjadi tersangka pencurian.

"Penyidik fokus ke pemegang kunci lemari artefak, securiti yang jaga tempat penyimpanan artefak," pungkasnya.

Baca juga:

Lempengan emas koleksi Museum Gajah raib

Koleksi yang dicuri berasal dari abad 16
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7391 seconds (0.1#10.140)