Kamera CCTV di Tangerang bisa 'intip' pengendara mobil

Selasa, 17 September 2013 - 16:58 WIB
Kamera CCTV di Tangerang bisa intip pengendara mobil
Kamera CCTV di Tangerang bisa 'intip' pengendara mobil
A A A
Sindonews.com - Untuk mengatur lalulintas yang terdapat di Kota Tangerang, Dinas perhubungan kota Tangerang memasang CCTV di 23 perempatan. Kamera yang dipasang dikalim sangat canggih karena bisa melakukan pembesaran cukup tinggi. Bahkan, kamera tersebut bisa melihat aktivitas pengemudi yang melintas jika di zoom.

Adapun perempatan yang terpantau CCTV canggih tersebut, yakni Jalan Jendral Sudirman, Jalan Daan Mogot, Jalan Batuceper-TMP Taruna, Jalan KH Hasyim Ashari-Ciledug, Jalan Mohamad Yamin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Umar (Plaza Shinta), Jalan Suryadharma (M1/belakang Bandara).

"Kami menyebutnya sistem ini area traffic control system (ATCS). Fungsinya untuk memantau traffic dan mengatur waktu lampu merah," ujar Kepala Seksi Teknik Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Tri Wibowo saat ditemui di pusat kontrol ATCS, Selasa (17/9/2013).

Kamera CCTV tersebut dinyatakan sebagai Kamera tercanggih yakni bernama camera pantil zoom yang dapat memutar 360 derajat dan bisa melakukan pembesaran sebanyak 40 kali zoom.

"‎Jadi Kamera ini bisa melihat plat nomor kendaraan dan pengemudinya sedang ngapain jika di zoom," terang Tri.

Kenapa hanya ada di sembilan jalan tersebut, menurut Tri, kondisi jalan itu sudah melalui kajian teknis bahwa perlu ada pengaturan lampu merah dan CCTV.‎

"Kedepan kita akan menambah lima titik lagi. Sudah dianggarkan, lima titik lagi akan selesai pada akhir Desember 2013," jelasnya.

Lima lampu merah tersebut akan dipasang berikut CCTV-nya di tiga jalan, yakni Jalan Gatot Subroto (Jatiuwung), Jalan Raden Fatah (Karang Tengah) dan Jalan HOS Cokroaminoto (Ciledug).
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5849 seconds (0.1#10.140)