Pohon di Jakpus akan diberi nomor

Senin, 16 September 2013 - 23:54 WIB
Pohon di Jakpus akan diberi nomor
Pohon di Jakpus akan diberi nomor
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) berencana memberi nomor terhadap pohon yang ada di wilayah hukumnya. Hal itu guna memberikan kemudahan untuk Pemkot mendata pohon-pohon yang ada.

Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Pusat Ratna Diah Kurniati mengatakan, adanya penomoran pohon pemetaan dan perawatannya akan lebih efisien dan perawatan lebih maksimal.

"Penomoran ini akan memudahkan kita dalam mendata. Dan sebagai upaya kita bisa antisipasi kalau ada hal yang tak diinginkan," katanya di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Sejauh ini pohon-pohon yang ada di Jakarta Pusat berjumlah 5.700 pohon. Pohon-pohon ini nantinya akan diberi nomor menggunakan cat.

"Cara penomorannya kita gunakan cat atau bahan lain yang sedang kita siapkan. Yang penting tidak merusak pohon itu," terangnya.

Sebagai permulaan, pohon yang diberi nomor dan nama, yakni pohon yang berada di sekitar Menteng. Pohon yang diprioritaskan pun khusus pohon besar dengan usia tua.

"Untuk awal, kita mulai dari kawasan Menteng. Di sana kan banyak pohon besar dan tua di sana. Lagi pula cukup rindang juga," ungkapnya.

Penomoran ini akan direalisasikan pada 2014. Saat ini masih dilakukan inventarisir terhadap seluruh pohon yang ada di Jakarta Pusat.

"Kita akan lakukan mulai 2014 menggunakan anggaran 2014. Kita harapkan pohon-pohon bisa seperti di Kebun Raya Bogor dan Jakarta bisa seperti Singapura lah," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7475 seconds (0.1#10.140)
pixels