Gelar sumo, Dubes Jepang temui Jokowi

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 10:24 WIB
Gelar sumo, Dubes Jepang temui Jokowi
Gelar sumo, Dubes Jepang temui Jokowi
A A A
Sindonews.com - Duta Besar (Dubes) Jepang sambangi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota Jakarta. Pertemuan itu guna membahas acara turnamen olahraga sumo 2013 yang akan digelar di Senayan, Jakarta 24-25 Agustus 2013.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Jepang Yoshinori Katori mengatakan, acara turnamen sumo ini merupakan eksibisi dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia.

"Ada 45 atlet sumo asal beberapa negara termasuk Jepang yang akan bertanding di sini," katanya di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Ia menjelaskan, Indonesia akan menjadi negara pertama yang didaulat Jepang sebagai tuan rumah dalam pertandingan sumo ini. Dia juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Jokowi untuk menerima kunjungannya itu.

"Kami juga mengapresiasi Pak Gubernur (Jokowi) karena di tengah kesibukannya masih berkenan menemui kami. Semoga hal ini bisa menjadi hubungan yang baik antara Jepang dan Jakarta," harapnya.

Ditempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku salut, dengan masyarakat Jepang. Karena, kata dia, olahraga sumo merupakan olaraga asli Jepang yang memiliki nilai spiritual.

"Olahraga sumo ini kan tidak sekedar olahraga, tapi ada unsur upacara sakralnya," kata Jokowi yang sedang didampingi dua pesumo.

Jokowi juga menyatakan, akan mengupayakan hadir dalam pertandingan turnamen sumo bertaraf Internasional tersebut. "Iya kemungkinan hari Minggu mau datang," ujarnya singkat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7376 seconds (0.1#10.140)