Ini lokasi relokasi RPH Tanah Abang

Kamis, 15 Agustus 2013 - 10:33 WIB
Ini lokasi relokasi RPH Tanah Abang
Ini lokasi relokasi RPH Tanah Abang
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah menyiapkan dua opsi terkait Rumah Potong Hewan (RPH) di Pasar Tanah Abang yang akan direlokasi. RPH akan disatukan dengan pasar kambing di Jalan Haji Sabeni, Tanah Abang atau dipindah ke pinggiran Jakarta.

"Pertama sekarang ini yang kondisinya existing adalah Pasar Kambing di Jalan Haji Sabeni. Jadi nanti RPH di Pasar Tanah Abang nanti kita satukan di Pasar Kambing itu," kata Walikota Jakarta Pusat, Saefullah, Kamis (15/08).

Sementara opsi yang kedua, lanjut Syaefullah, bisa dengan memindahkan RPH Pasar Tanah Abang ke pinggiran Jakarta. Maka dari itu, pedagang diminta tidak perlu khawatir mengenai nasib barang jualannya.

"Kalau target daging kambing siap terjual pada jam 5 pagi sebetulnya tidak sulit. Misalnya kita taruh di pinggiran Jakarta seperti daerah Bekasi, kita potong Jam 12 malam, jam dua paginya sudah bisa jalan ke sini, dan paginya daging sudah siap dijual," terangnya.

Menurutnya, di Peraturan Daerah (Perda) disebutkan jika di dalam kota tidak boleh ada RPH. Hal inilah yang mendasari pihaknya menyiapkan opsi atau alternatif ke dua dengan merelokasi RPH ke wilayah pinggiran kota.

"Saya bersyukur kalau pedagang mau dipindah ke pinggiran Jakarta dan kita siap membantu," ucapnya.

Terkait pemindahan RPH ini, Saefullah mengaku masih berkomunikasi dengan berbagai pihak guna mendapatkan solusi terbaik. Salah satunya mendengarkan aspirasi dari para tokoh Pasar Tanah Abang.

"Para tokoh Tanah Abang mengingatkan saya jika di tempat ini identik dengan Pasar Kambing. Karena itu, saya juga mesti memikirkan aspirasi itu," paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0537 seconds (0.1#10.140)