Tanggul jebol, ratusan rumah di Cilodong terendam

Jum'at, 12 Juli 2013 - 13:02 WIB
Tanggul jebol, ratusan rumah di Cilodong terendam
Tanggul jebol, ratusan rumah di Cilodong terendam
A A A
Sindonews.com - Derasnya luapan air yang melewati Kali Jantung, Cilodong, Depok membuat tanggul kali sepanjang 220 meter jebol. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana memperbaiki tanggul tersebut.

Jebolnya tanggul tersebut, membuat ratusan rumah di Perumahan Taman Manggis Permai, Cilodong, Depok terendam.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang meninjau lokasi tersebut mengakui debit air terlalu kencang sehingga membuat tanggul jebol. Menurutnya, peristiwa tersebut termasuk kategori bencana sehingga diperbaiki dengan anggaran darurat.

"Ini masuk dalam kategori bencana, kita akan lakukan proses penanganan cepat masuk dana darurat, karena harusnya ini dibangun bukan dengan tanggul pagar tembok biasa, tetapi tembok yang bisa kuat menahan. Air ketinggian tinggi, jadi konstruksi yang harus diperbaiki," ungkapnya di lokasi, Jumat (12/07/2013).

Setiap kali hujan deras, kata dia, air selalu tinggi dan menyebabkan perumahan warga banjir. Ia mengakui akibat jebolnya tanggul tersebut sejumlah perumahan terkena dampaknya salah satunya yakni Perumahan Cening Ampe yang banjir hingga 1,5 meter.

"Pemandangan ini sudah sering terjadi, karena tanggul dan pagar ini pagar mandiri, kalau diujung sudah dibangun proyek pemerintah, karena itu semoga dengan diperbaiki proyek pemerintah akan lebih kuat lagi, kami perbaiki yang jebol dulu," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6634 seconds (0.1#10.140)