250 kali beraksi, komplotan penipu tertangkap di Pasar ular

Rabu, 10 Juli 2013 - 20:50 WIB
250 kali beraksi, komplotan...
250 kali beraksi, komplotan penipu tertangkap di Pasar ular
A A A
Sindonews.com - Setelah sukses menipu hingga 250 kali, komplotan penipu yang menjual jam Rolex palsu kena batunya. Pada aksinya yan ke 251, korban melaporkan kasus ini ke polisi hingga pelaku yang berjumlah delapan orang berhasil dibekuk.

"Komplotan ini melakukan kejahatan di seluruh Jakarta khususnya di Jakarta Selatan," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, Kompol Novi Nurohmad di kantornya, Rabu (10/3/2013).

Komplotan ini sendiri dapat ditangkap setelah sebelumnya ada laporan dari salah satu korban bernama MW (47). MW sendiri menjadi korban penipuan di sekitar wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Selasa 2 Juli 2013 lalu.

Berawal dari salah satu pelaku berinisial AS yang berpura-pura bertanya alamat kepada MW. Kemudian pelaku memaksa korban untuk mengantarnya dengan memakai mobil pelaku.

Di dalam mobil, terdapat rekan AS, yakni AC, SR dan AF. Beberapa pelaku mengaku sebagai Warga Negara Malaysia dan baru turun dari pesawat.

Mereka kemudian menawarkan jam Rolex pada korban sambil ditunjukkan buku tabungan yang isinya miliaran. Karena yakin melihat pelaku punya uang, korban tergiur kemudian diajak ke ATM di Pondok Indah, dan kemudian mentransfer uangnya kepada pelaku.

"Korban mengalami kerugian kurang lebih 87 juta Rupiah," ungkap Novi.

Korban kemudian ditinggalkan dan hanya diberi ongkos Rp100 Ribu oleh pelaku. Dia kemudian menyadari bahwa dia telah menjadi korban penipuan dan melaorkannya ke Polres Metro Jakarta Selatan.

"Pelaku yang ditangkap 8 orang, kami tangkap di Pasar Ular, Jakarta Utara, Selasa 9 Juli 2013," imbuhnya.

Para pelaku sendiri, akan dikenakan pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman 4 Tahun penjara.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9028 seconds (0.1#10.140)