Peserta baru Program KB di Depok tembus 65.103 jiwa

Rabu, 26 Juni 2013 - 12:32 WIB
Peserta baru Program KB di Depok tembus 65.103 jiwa
Peserta baru Program KB di Depok tembus 65.103 jiwa
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan data Badan Ketahanan Masyarakat dan Pemberdayaan Keluarga Kota Depok, jumlah peserta KB baru warga Depok hingga akhir tahun 2012 mencapai 65.103 jiwa. Paling banyak diikuti oleh warga di kecamatan Tapos yakni sebanyak 10.236 jiwa.

Saat ini, Pemkot Depok memang sedang gencar menekan laju pertambahan penduduk. Untuk motto dua anak lebih baik, juga diganti dengan dua anak cukup.

Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan Perwakilan BKKBN Prov Jabar Yudi Suryadi mengatakan bahwa pertambahan penduduk di Jawa Barat pada 30 tahun kedepan akan terus meningkat secara drastis. Pertumbuhan penduduk tersebut akan sangat berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Untuk itu, kita harus benar-benar efektifkan program KB ini dan siapkan sarana serta prasarana agar IPM di Jawa Barat. Motto 2 anak lebih baik, kini telah berubah menjadi 2 anak cukup," paparnya dalam sambutannya di Balai Kota Depok, Rabu (26/6/2013).

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail meminta kepada puskesmas, Pos KB, bidan, relawan, dokter, dan semua pemerhati kesehatan, untuk mulai memiliki pemahaman tentang KB.

Ia meminta agar Jangan hanya menjual alat kontrasepsi, tetapi juga tingkatkan kualitas. Rancang kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan pencerahan tentang tujuan KB, manajemen keluarga, merawat bayi (asi eksklusif), dan masih banyak lagi, yang orientasinya adalah kualitas dan karakter.

"Jangan biarkan pola pembangunan berorientasi pada perkotaan, tapi tumbuhkan dan perkokoh program-program pedesaan,” tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7083 seconds (0.1#10.140)