LKNU Depok bentuk kader pendamping penderita TB

Selasa, 18 Juni 2013 - 18:24 WIB
LKNU Depok bentuk kader...
LKNU Depok bentuk kader pendamping penderita TB
A A A
Sindonews.com - Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Depok, menggelar kegiatan pelatihan kader pendamping Tuberculosis (TB).

Koordinator Kota Depok Community Empowerment of People Againt Tuberculosis (Cepat), M. Rizal Aris mengungkapkan, sebanyak 24 kader dan enam orang Fasilitator komunitas (faskom) mengikuti pelatihan.

Mereka akan ditempatkan di Kecamatan sawangan dan Limo.

"Kita sadar betul di Depok banyak penderita TB. Sementara, penyebarannya sangat cepat dan membahayakan masyarakat," terangnya di Limo, Cinere, Selasa (18/06/2013).

Aris menuturkan, peserta pelatihan mengikuti acara selama tiga hari dari 17-19 Juni 2013. Menurutnya, tujuan pelatihan adalah meningkatkan pengetahuan tentang TB, peran sebagai kader, pecatatan atau pelaporan dan lainnya.

"Tidak hanya materi saja, tapi ada juga kunjungan langsung ke Puskesmas. Sebab, nantinya mereka akan mendampingi suspect TB di masyarakat," terangnya.

Salah satu panitia penyelenggara Madelih mengungkapkan, setelah pelatihan peserta langsung praktek pendampingan di masyarakat.

Menurutnya, target LKNU Depok pada September 2013, harus melakukan pendampingan pada 240 suspect dan 20 penderita positif TB.

"Untuk mencapai target itu, kita menggunakan data dari Puskesmas untuk pendampingan masyarakat," paparnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3454 seconds (0.1#10.140)