Granat aktif ditemukan warga Makasar di rumah kosong

Jum'at, 07 Juni 2013 - 18:31 WIB
Granat aktif ditemukan warga Makasar di rumah kosong
Granat aktif ditemukan warga Makasar di rumah kosong
A A A
Sindonews.com - Warga Gang Nagka RT03/07, Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2013) mendadak geger. Soalnya, sebuah granat aktif berikut empat buah peluru senjata api yang belum terpakai ditemukan tergeletak di dalam lemari sebuah rumah kosong di kawasan tersebut.

Benda berbahaya itu pertama kali ditemukan Ramlan (36), seorang petugas lingkungan setempat sekira pukul 08.00 WIB.

"Saya diminta membersihkan rumah baru sama pemiliknya. Waktu saya lagi ngeluarin baju-baju bekas di lemari belakang, tiba-tiba granat itu menggelinding ke lantai," katanya saat ditemui di lokasi.

Ramlan mengaku syok dan takut ketika melihat granat yang dominasi warna merah itu menggelinding ke lantai hingga membuatnya berlari ke luar rumah. Karena takut meledak, penemuan granat tersebut kemudian dilaporkannya ke petugas keamanan sekitar.

"Selang beberapa lama, polisi berdatangan ke lokasi bersama tim gegana. Mereka bukan hanya nemuin granat, tapi juga peluru senjata api," paparnya.

Ia membeberkan, rumah tempat ditemukan granat itu sebelumnya milik seorang pensiunan TNI Angkatan Udara bernama Mat Hasan. Namun, setelah purnawirawan hasan meninggal dunia tiga bulan lalu, rumah yang terdiri dari empat kamar itu dibiarkan kosong. Sesekali anak almarhum datang ke rumah tersebut memeriksa keadaan.

"Seminggu lalu rumah itu dibeli sama orang. Nah, saya diminya membersihkan dari kemarin dan baru hari ini nemuin granat," imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Makasar, Iptu Sutono saat dihubungi membenarkan adanya penemuan granat tersebut.

"Itu granat langsung dibawa dan diperiksa sama gegana. Mereka yang lebih paham granatnya masih aktif atau enggak," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6495 seconds (0.1#10.140)