Pengobatan TBC butuh waktu 8 bulan

Rabu, 10 April 2013 - 21:04 WIB
Pengobatan TBC butuh waktu  8 bulan
Pengobatan TBC butuh waktu 8 bulan
A A A
Sindonews.com - Ketua II BPP PPTI Achmad Hudoyo mengatakan, TBC merupakan penyakit yang mudah menular dan waktu pengobatannya cukup lama, yaitu 6-8 bulan. Karena itu, dalam penanggulangan TBC, sangat dibutuhkan keberadaan kader.
"Baksos ini merupakan wujud nyata peran serta PPTI, untuk bersama-sama pemerintah menanggulangi penyakit TB agar tidak menjadi masalah kesehatan, sehingga Indonesia bebas TB pada tahun 2005 dapat terwujud" tutur Achmad, Rabu (10/4/2013).

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengatakan, bahwa penyakit TB adalah salah satu penyakit yang juga menyebabkan tingginya kematian. Untuk itu, jangan merasa malu bila telah terdeteksi penyakit TB, karena bisa disembuhkan. Kalau malu nanti tidak akan sembuh, teruslah berobat dan ikuti semua petunjuk dari dokter.

"Insya Allah setelah 6 bulan akan sembuh. Enam bulan akan terasa lama, jika tidak dilandasi dengan niat yang serius untuk sembuh. Apapun masalah yang dihadapi, pasti membutuhkan sebuah gerakan untuk mengatasinya. Landasi gerakan tersebut dengan niat yang tulus, karena niat adalah sumber motivasi. Ayo bangkit bersama dalam atasi penyakit TB di Kota Depok," ajaknya.

Tak hanya pemerintah dan lembaga yang terkait dengan TB dan kesehatan saja, Idris juga mengajak masyarakat dan semua elemen untuk bergerak, sehingga bersama bisa menghentikan penularan TB dalam kehidupan kita.

"Bila ada yang melihat atau mengetahui warganya yang memiliki gejala TB, harap segera laporkan dan ajak warganya ke puskesmas. Jangan takut akan biaya, karena bila tidak memiliki Jamkesmas dan Jamkesda, pengobatannya selama minimal 6 bulan pun tidak dikenakan biaya (gratis), hanya membayar biaya pendaftaran puskesmas sebesar Rp2.000, dan pemeriksaan laboratorium dahak sebesar Rp15.000. Karena bila kita menyelamatkan 1 nyawa, maka kita akan menghidupkan seluruh manusia yang ada didunia," tandasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4472 seconds (0.1#10.140)