Anjing pelacak efektif ungkap kasus narkotika

Kamis, 04 April 2013 - 08:03 WIB
Anjing pelacak efektif ungkap kasus narkotika
Anjing pelacak efektif ungkap kasus narkotika
A A A
Sindonews.com - Anjing pelacak selama ini kerap dilibatkan kepolisian dalam mengungkap kasus narkotika. Perannya sedikit banyak sangat membantu kerja kepolisian. Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto.

Ia mengatakan, peran anjing pelacak sangat efektif mengungkap sasaran yang telah diduga. Karena itu, hewas ini hanya digunakan ketika kepolisian telah mendapat informasi penting.

"Kami gunakan anjing pelacak, jika sudah mendapat informasi penting dan sasaran yang ditentukan," katanya saat dihubungi Kamis (04/04/2013).

Rikwanto menjelaskan, dalam kegiatan razia, pihaknya mengedepankan keefektivan dan sifatnya selektif. Lokasi atau titik mana saja yang dianggap mencurigakan, akan dilakukan pemeriksaan atau dirazia.

"Jadi, kami akan menilai lokasi mana yang digunakan pemakai atau pengedar narkotika, karena itu sifatnya selektif," terangnya.

Menurut Rikwanto, berdasarkan pengalaman di lapangan, sejumlah tempat yang memungkinkan dirazia karena adanya peredaran narkotika yakni, tempat yang dekat dengan hiburan malam. Adapula daerah yang kerap luput dari perhatian seperti di pinggir pantai dan daerah sepi.

"Daerah seperti ini juga kerap dijadikan tempat praktek transaksi narkotika," paparnya.

Kegiatan razia, kata Rikwanto, tidak melulu dilakukan harus setiap hari dan di lokasi yang sama. Sebab, terkadang kepolisian mendapat tempat yang akurat untuk menggelar operasi. Intinya, lokasi yang dirazia merupakan tempat yang dicurigai ada peredaran narkotika.

"Kita akan menggalakan lagi razia di lokasi-lokasi yang dianggap rawan peredaran narkotika," tutupnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6402 seconds (0.1#10.140)