Belanda bantu atasi banjir di ibu kota

Rabu, 20 Februari 2013 - 17:29 WIB
Belanda bantu atasi banjir di ibu kota
Belanda bantu atasi banjir di ibu kota
A A A
Sindonews.com - Selain Korea Selatan (Korsel), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan menggandeng negeri Belanda dalam menangani banjir di ibu kota. Lantaran negeri yang pernah menjajah tanah air itu mengetahui persis peta Batavia.

"Semua sungai di Jakarta harus dipelihara sepanjang tahun. Jadi sepanjang hari ada alat berat yang bekerja terus. Di Belanda juga begitu, dan kita berharap dia bisa bantu kita secara teknis seperti apa," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Ditambahkan dia, Pemerintah Belanda juga memiliki persoalan yang sama dengan Jakarta. Namun mereka berhasil mengatur negeri itu hingga terbebas dari banjir.

"Ya sama. Prinsipnya masalah banjir kita bicara dari utara ke selatan. Jadi komitmennya, dia punya pengalaman dari utara ke selatan. Dia juga mengakui tidak punya pengalaman dari selatan," terangnya.

Untuk itu, Pemprov DKI rencananya akan mengatur penetaan sungai dari utara ke selatan dengan konsep yang sama seperti di Balanda agar masalah banjir dapat segera dituntaskan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8555 seconds (0.1#10.140)