Pemkot Jaktim akan normalisasi Ciliwung

Selasa, 12 Februari 2013 - 23:48 WIB
Pemkot Jaktim akan normalisasi Ciliwung
Pemkot Jaktim akan normalisasi Ciliwung
A A A
Sindonews.com - Sungai Ciliwung yang lebarnya saat ini antara 7-8 meter akan dinormalisasi menjadi 35 meter, sementara di kanan dan kiri sungai juga akan dibangun jalan inspeksi yang masing-masing lebarnya 7,5 meter. Hal itu diungkapkan Wali Kota Jakarta Timur, H.R. Krisdianto.

Menurutnya, pemerintah akan merelokasi warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, sebelum normalisasi dilakukan.

“Warga yang tnggal di bantaran Sungai Ciliwung akan dipindahkan ke rumah-rumah susun, agar mereka tidak terkena banjir lagi,” kata Wali Kota, Selasa (12/2/2013).

Untuk merealisasi rencana tersebut, tentunya banyak kendala yang dihadapi. Namun menurut Krisdianto, pemerintah terus berupaya melakukan sosialisasi agar warga mau untuk direlokasi, demi kebaikan mereka sendiri.

“Ada warga yang keberatan direlokasi dengan alasan jarak tempat kerja dekat dengan rumah mereka saat ini, sehingga kalau dipindahkan agak jauh mereka keberatan. Untuk itu kita akan semaksimal mungkin, bangun rusun di dekat tempat tinggal mereka saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, pemerintah telah menyusun berbagai rencana terkait masalah banjir, salah satunya dengan pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT).

“Untuk penanganan secara permanen berupa normalisasi Sungai Ciliwung dan pembuatan sodetan, dari sungai Ciliwung diarahkan ke kanal Banjir Timur. Selain itu juga dibuat situ-situ atau danau-danau, untuk menampung air dari hulu agar tidak langsung lepas ke Jakarta,” imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7708 seconds (0.1#10.140)