Lanjutkan proyek monorel, Jokowi harus dengar ini

Selasa, 12 Februari 2013 - 18:58 WIB
Lanjutkan proyek monorel, Jokowi harus dengar ini
Lanjutkan proyek monorel, Jokowi harus dengar ini
A A A
Sindonews.com - Keinginan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk membangun mega proyek monorel ditentang sebagian kalangan. Diantaranya datang dari Institute for Transportation Development and Policy (ITDP) di Indonesia.

Organisasi yang bergerak dibidang pengawasan transportasi ini menilai, kebijakan Pemprov DKI mestinya banyak belajar dari banyak negara yang gagal membangun transportasi massal tersebut.

"Sayangnya, para konsultan dan pengambil kebijakan itu hanya melihat pada perencanaan awal saja sehingga terpesona dan ingin mencontohnya," ujar Daramaningtyas, Koordinator ITDP di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Dia melanjutkan, banyak negara yang membangun transportasi massal, monorel mengalami kerugian besar. Dia mencontohkan, beberapa negara seperti Bangkok, Kolkota, Kuala Lumpur, New Delhi, Pulsan, Sao Paulo, Manila, dan Meksiko City.

Malaysia misalnya, Darma melanjutkan, dari transportasi monorel meninggalkan utang senilai USD1,4 miliar, dan merupakan kebangkrutan terbesar Malaysia dalam sejarah korporasinya.

Terlepas dari sebagian pihak yang menentang pembanguanan monorel, siang tadi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) setuju melanjutkan mega proyek yang tiang pancangnya sudah berdiri enam bulan yang lalu.

Gubernur sepakat dengan pihak PT Jakarta Monorail untuk membangun di jalur hijau (green line) dan jalur biru (blue line). "Sudah setuju, monorel tetep jalan," terang Jokowi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3823 seconds (0.1#10.140)