Buruh kepung Disnakertrans & pabrik di Bogor

Senin, 28 Januari 2013 - 13:37 WIB
Buruh kepung Disnakertrans & pabrik di Bogor
Buruh kepung Disnakertrans & pabrik di Bogor
A A A
Sindonews.com - Dua aksi unjuk rasa hari ini dilakukan para buruh di Kabupaten Bogor. Aksi pertama dilakukan ratusan buruh dari PT. Samick Indonesia dengan mengepung kantor Dinas Sosial, Tenaga kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Bogor, di Jalan Bersih, Cibinong, Bogor.

Aksi kedua dilakukan ratusan buru dari PT Tri Bayan Tirta di depan pabriknya di Jalan Narogong, Desa Kelapanunggal, Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. Dalam aksinya, kedua buruh pabrik tersebut hampir sama menyuarakan aspirasinya.

Buruh PT Samick menuntut menutut gaji sesuai UMK sebesar Rp2.002.000 perbulan. Mereka juga meminta dihapuskan sistem outsourching serta menolak tindakan semena-mena perusahaan yang melakukan pemecatan dengan alasan sudah tidak sanggup membayar gaji, namun kenyataannya pihak perusahaan merekrut karyawan baru.

Sedangkan buruh PT Tri Bayan Tirta meminta dijadikan karyawan tetap, berlakukan segera UMK 2013 sebesar Rp2.002.00, memberikan berbagai tunjangan bagi karyawam, dan memberikan cuti tahunan bagi buruh.

Dedi Darmanto, Ketua Pengurus Unit Kerja PT Samick mengatakan, aksi tersebut untuk meminta 300 buruh untuk dipekerjakan lagi dan diangkat menjadi karyawan tetap. "Mereka harus menjadi karyawan tetap," kata Dedi, di Bogor, Senin (28/1/2013).

Sedangkan Hendri, Kordinator aksi PT Bryan mengatakan, para buruh meminta kesejahteraan. Dia juga meminta kebebasan bagi para buruh untuk mendirikan serikat pekerja. Aksi para buruh di dua lokasi yang berbeda tersebut mendapat pengawalam ketat dari pihak kepolisian Polres Bogor.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6617 seconds (0.1#10.140)