Hingga akhir Februari, status Bogor waspada bencana

Minggu, 13 Januari 2013 - 23:34 WIB
Hingga akhir Februari, status Bogor waspada bencana
Hingga akhir Februari, status Bogor waspada bencana
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yos Sudrajat menjelaskan, memasuki Januari hingga Februari wilayah Bogor umumnya masuk dalam keadaan waspada bencana.

"Potensi banjir pada Bulan Januari di wilayah Bogor diperakirakan terjadi di wiayah utara dan timur Bogor. Sedangkan potensi longsor diprakirakan terjadi di sekiatar Caringin, Ciawi, Cisarua, Cigudeg, Leuwiliang, dan Jonggol bagian selatan," kata Kepala Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yos Sudrajat, Minggu (13/1/2013).

Ia mengaku, Bogor merupakan daerah rawan bencana ke lima di Indonesia, sehingga masyarakat Bogor diharapkan selalu waspada dan tanggap dalam menghadapi bencana.

"Pada musim penghujan seperti ini, masyarakat diharapkan selalu waspada bencana,” ungkapnya.

Dari data tahun 2012, lanjutnya, terjadi 439 kali bencana alam yang tersebar di sejumlah wilayah Bogor dan dari 439 peristiwa, 140 kali kejadian bencana angin putting beliung, 136 kali kebakaran, 74 kali longsor, 22 kali banjir dan 67 bencana lainnya.

Dari kejadian itu, korban tewas sebanyak 28 orang dengan kerugian material 472 rumah hancur dan 539 rumah rusak berat dengan nominal kerugian mencapai Rp11,9 miliar.

"Guna mengantisipasinya, kami BPBD Bogor kerap melatih masyarakat tanggap bencana dan selain itu kami juga mendirikan pos-pos bencana di titik rawan kejadian," imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6394 seconds (0.1#10.140)