Tangani banjir, Jokowi harus tegas

Senin, 26 November 2012 - 06:05 WIB
Tangani banjir, Jokowi harus tegas
Tangani banjir, Jokowi harus tegas
A A A
Sindonews.com - Banjir yang menghiasi Jakarta beberapa hari ini perlu ditangani dengan tindakan tegas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Normalisasi sejumlah kali di Jakarta perlu dilakukan dalam kebijakan mantan Walikota Solo ini.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai, Jokowi harus tegas untuk meminimalisir banjir di Jakarta. Namun Jokowi juga tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi banjir tersebut.

"Jakarta tidak berdiri sendiri, jadi Jokowi harus melakukan koordinasi dengan daerah penyangga dan pemerintah pusat," katanya ketika dihubungi Sindonews, Senin (26/11/2012).

Ia menyatakan, karena selama ini banjir Jakarta tidak selalu karena got mampet atau kali tak mampu menampung air hujan. Ada juga faktor banjir kiriman sehingga perlu koordinasi dengan daerah penyangga, seperti Depok, Bogor, Puncak, dan Cianjur.

Mengenai langkah Jokowi selama ini, menurut Agus sudah tepat. Karena saat ini Jokowi coba mencari penyebab kenapa Jakarta banjir dengan turun ke lapangan.

"Kita harus apresiasi langkah Jokowi dengan turun langsung ke lapangan, nanti baru kita tunggu kebijakannya dalam mengatasi banjir," katanya.

Mengenai pengerukan kali dan sungai yang ada di Jakarta, lanjutnya, Jokowi harus berani bertindak tegas. Pasalnya sejumlah kali dan sungai di Jakarta sudah mengalami penyempitan.

Ia mencontohkan kali yang ada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di belakang Senayan City. Lebar kali kini hanya tinggal satu meter.

"Penyempitan kali sudah ada dimana-mana, sekarang yang ditunggu berani tidak Jokowi bertindak tegas," tanyanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6952 seconds (0.1#10.140)