Macet jadi lebih awal selama Ramadan

Rabu, 18 Juli 2012 - 16:43 WIB
Macet jadi lebih awal selama Ramadan
Macet jadi lebih awal selama Ramadan
A A A
Sindonews.com - Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memprediksi jam kemacetan di Jakarta akan mengalami perubahan selama Ramadan. Kemacetan diprediksi akan mulai terasa sejak pukul 16.00 WIB, dari yang biasanya dimulai pukul 17.00 WIB.

"Ada kemajuan sekitar satu jam, dan kalau biasanya pukul 17.00 WIB jalan dipenuhi kendaraan. Pada Ramadan ini justru lebih cepat satu jam," kata Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya AKBP Wahyono, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Menurutnya, majunya kepadatan kendaraan di jalan raya terjadi karena banyak para pengendara yang pulang lebih awal untuk melakukan buka puasa bersama di kediamannya.

Dia mengatakan, akan ada tiga fase perubahan jam kemacetan selama Ramadan, pada minggu pertama jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat yang akan pulang awal. Kemudian pada minggu kedua justru akan dipadati para masyarakat yang menuju restoran atau tempat makan.

Sementara pada minggu ketiga, akan terjadi kepadatan kendaraan di pusat-pusat perbelanjaan. "Kami melihat pola ini sama tiap tahunnya, jadi kami sudah melakukan antisipasi untuk meredam kemacetan ini," tegasnya.

Dia mengungkapkan, Dirlantas Polda Metro Jaya sudah mengamati sejumlah mal yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Bahkan, pihaknya sudah memetakan ada sekitar 13 mal yang penjagaannya diprioritaskan.

"Yang jadi perhatian kita di antaranya Plaza Semanggi, Mal Taman Anggrek, Artha Gading, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Cibubur Junction, Senayan City, Plasa Senayan, Grand Indonesia, Pejaten Village, Mal Kramajati, dan Blok M Square," tukasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6435 seconds (0.1#10.140)