Blackbox Fokker A2708 sudah ditemukan

Kamis, 21 Juni 2012 - 21:07 WIB
Blackbox Fokker A2708 sudah ditemukan
Blackbox Fokker A2708 sudah ditemukan
A A A
Sindonews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) bertindak cepat dalam kecelakaan udara pesawat Fokker A2708 di Perumahan Rajawali, Pangkalan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Kasubdis Penam Agung Sasongkojati mengaku, pihaknya telah mengamankan blackbox pesawat nahas yang menelan sepuluh orang korban jiwa. "Saya kira blackboxnya sudah diamankan," ujar Agung kepada media di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/06/2012).

Blackbox itu berisi tentang data penerbangan yang bisa mengungkap penyebab jatuhnya pesawat buatan Belanda itu. Saat ditanya dugaan awal sebab jatuhnya pesawat, Agung mengaku belum bisa memastikan. "Pesawat Fokker A2708 masih layak untuk diterbangkan," terangnya.

Ditambahkan dia, evakuasi bangkai pesawat akan dilanjutkan besok, Jumat 22 Juni 2012. Di saat bangkai pesawat dievakuasi, seluruh korban tewas juga akan diterbangkan ke daerah masing-masing, mulai pukul 08.00 WIB.

"Saat ini jenazah masih di semayamkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Halim, tepatnya di ruang hangar skuardon 2," tukasnya.

Dalam kecelakaan tersebut, sepuluh orang dinyatakan tewas. Tujuh berasal dari awak pesawat, terdiri dari Pilot Mayor Pnb Heri Setiawan selaku instruktur penerbang, co-pilot Lettu Pnb Paulus, Letda Pnb Syahroni, Kapten Teknik Agus, Serma Simulato, Serka Wahyudi, dan Sertu Purwo.

Sedang tiga orang korban tewas lainnya berasal dari warga sipil. Dua orang yang berhasil diindentifikasi adalah anak kecil bernama Brian (6) dan Melvin (1), serta Martina, ibu kandung Mayor Yohannes.

"Melvin ini merupakan putra dari Mayor Yohannes, sedangkan satu pembantu saat ini masih kritis bernama Kartinah," jelasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)