KPK periksa harta Jokowi, Hendardji & Nono

Selasa, 05 Juni 2012 - 19:40 WIB
KPK periksa harta Jokowi, Hendardji & Nono
KPK periksa harta Jokowi, Hendardji & Nono
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai melakukan klarifikasi harta kekayaaan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.

Pasangan calon yang pertama kali diperiksa hartanya adalah calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Joko Widodo (Jokowi), dilanjutkan dengan nomor urut 2 Hendardji Supanji dan calon Wakil Gubernur Nono Sampono.

"Hari ini kami baru mulai, ada tiga, yaitu Jokowi, Hendardji dan Nono. Besok ada tiga lagi yang diklarifikasi, sampai tanggal 13 Juni 2012 seperti jadwal yang sudah disampaikan," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Ditambahkan dia, usai melakukan klarifikasi, KPK akan langsung melakukan mengumumkan hasilnya, pada 14 Juni mendatang. "Pada 14 Juni 2012 akan lakukan deklarasi dan diumumkan harta kekayaan calon-calon gubernur bersama Panwaslu, Bawaslu dan penandatanganan pakta integritas," terangnya.

Ditambahkan Johan, waktu klarifikasi harta kekayaan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta 2012 dilakukan mulai hari ini hingga 13 Juni 2012 mendatang. "Ini merupakan bentuk komitmen KPK agar Pemilukada ini bisa steril dari praktek money politik," tegasnya.

Lebih lanjut, Johan menambahkan, klarifkasi harga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu merupakan bagian dari komitment KPK dalam memberantas korupsi. "Yang diklarifikasi adalah harta yang dilaporkan," sambung Johan lagi.

Johan berharap, langkah KPK melakukan harta kekayaan pasangan calon dapat dilakukan juga dalam pelaksanaan Pilkada di daerah lain. "Nanti kita tularkan pada pilkada-pilkada yang lain," tukasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)