Parasut yang ditemukan SAR, survival kit

Selasa, 15 Mei 2012 - 18:32 WIB
Parasut yang ditemukan SAR,  survival kit
Parasut yang ditemukan SAR, survival kit
A A A
Sindonews.com - Penemuan parasut saat evakuasi jenazah korban Sukhoi Superjet 100 masih menjadi perdebatan. Karena muncul spekulasi, awak pesawat berupaya menyelamatkan diri menggunakan parasut itu.

Anggota Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Rusia Sergey Korostiev menjelaskan di dalam Sukhoi memang ada parasut. Tapi parasut itu disimpan di dalam kontainer.

"Parasut ini digunakan ketika dalam kondisi pendaratan darurat, parasut disimpan di dalam kontainer, dan bukan parasut saja yang disimpan di sana tapi juga ada makanan dan minuman," jelasnya di Bandara Halim Perdanakusuma Selasa (15/5/2012).

Hal senada dijelaskan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Daryatmo. Dia mengatakan, parasut itu sejenis survival kit, yang akan keluar ketika posisi pesawat dalam kondisi darurat.

Maka ditarik kesimpulan, parasut itu ditemukan bukan dalam kondisi digunakan korban, seperti pemberitaan selama ini. "Sampai saat ini sudah tujuh hari operasi, tapi kami belum menemukan korban pemakai parasut itu," ujar Daryatmo.

Sebelumnya, dikabarkan ada jenazah Sukhoi tergantung di pohon dengan parasut. Kabar itu menjadi perdebatan, karena bagaimana mungkin seseorag menggunakan parasut di dalam pesawat. Karena pesawat komersil berbeda dengan pesawat tempur yang dilengkapi kursi lontar dan parasut untuk penerjunan.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6397 seconds (0.1#10.140)